Sukses

Klinik BUM Desa Jatim Inisiasi Produk Wisata Zona KIP

Zona KIP merupakan produk wisata baru yang dibangun oleh Klinik BUM Desa Jatim. Pembangunan tersebut didukung pihak swasta yaitu PT HM Sampoerna.

Liputan6.com, Surabaya - Kepala Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan (Bakorwil) Pamekasan Moh Gunawan Saleh meresmikan produk wisata baru Zona KIP (Kreatif, Inovatif dan Produktif) di Desa Wisata Pantai Lon Malang, Desa Bira Tengah, Kecamatan Sokobana, Kabupaten Sampang, pada 31 Juli 2022.

Zona KIP merupakan produk wisata baru yang dibangun oleh Klinik BUM Desa Jatim. Pembangunan tersebut didukung pihak swasta yaitu PT HM Sampoerna.

“Saya meyakini BUM Desa akan berkontribusi bagi kemajuan ekonomi Jawa Timur. Pengembangan dan penguatan yang ditunjang aksebilitas yang baik diharapkan mampu menjadi modal BUM Desa terus bertumbuh,” kata Gunawan Saleh dalam keterangan tertulis, Selasa (02/08/2022).

Gunawan optimis Jatim dapat berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional. Ia mengungkapkan, Jatim menargetkan menjadi bagian dari tiga provinsi pilar kebangkitan ekonomi nasional.

“Alhamdulilah perekonomian Jawa Timur pada 2022 di triwulan I tetap menjadi lokomotif perekonomian nasional. Jawa Timur menyumbangkan PDB 14,1% dan berkontribusi 25% PDRB Pulau Jawa,” terangnya.

Dalam rangka mewujudkan Jatim Sejahtera melalui Program Desa Berdaya diharapkan mampu memberikan energi positif bagi akselerasi kemajuan desa.

“Pada tahun 2022, Desa Mandiri di Jatim tertinggi nasional yaitu sebesar 1.409 Desa Mandiri. Berdasarkan keputusan Kementerian Desa PDTT nomer 80 tahun 2022,” paparnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penguatan Desa Wisata

Pelaksana Program Klinik BUM Desa Jatim Dwi Ariady Kusuma mengungkapkan bahwa Zona KIP adalah salah satu bentuk penguatan desa wisata. Selain itu, penguatan juga dilakukan dengan memberikan pelatihan intensif selama enam bulan.

“Kami memberikan pelatihan secara intensif mulai dari digital marketing hingga penyusunan SOP. Karena keindahan Pantai Lon Malang harus didukung oleh pemasaran dan pelayanan yang maksimal,” ujar Ari selaku pelaksana Program Klinik BUM Desa Jatim.

Ari juga menjelaskan bahwa Program Klinik BUM Desa Jatim adalah mitra pelaksana Sampoerna Untuk Indonesia. Program tersebut telah menjangkau 196 desa wisata berbasis BUM Desa di Jawa timur.

Pada tahun 2022 sebanyak 6 desa wisata memperoleh manfaat pendampingan salah satunya adalah Pantai Lon Malang, Sampang.

“Kami berharap dengan hadirnya program Klinik BUM Desa Jatim di Pantai Lon Malang, Sampang dapat memberikan manfaat untuk masyarakat. Khususnya untuk sektor ekonomi desa melalui penguatan desa wisata,” tandas Dwi Ariady Kusuma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.