Sukses

Truk Tergelincir di Dermaga Tanjung Wangi Banyuwangi, Penumpang Nyemplung ke Laut

Liputan6.com, Banyuwangi - Truk tronton milik PT AMS Ekspedisi tergelincir di bibir dermaga Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, Jawa Timur. Akibatnya penumpang truk dan sejumlah barang tercebur ke laut.

Kapolsek KP3 Tanjung Wangi, AKP Ali Masduki mengatakan, insiden tersebut terjadi pada Rabu (3/8/2022) sekitar pukul 23.00 WIB kemarin. Truk tronton nopol L 8784 UD dikemudikan Nurul Duwi Prastia (30), warga Banyuputih, Situbondo.

Saat itu korban ditemani istrinya Yuli Mala Sari (31), hendak perjalanan balik dari Mataram menuju Pulau Jawa, tanpa membawa muatan dengan menggunakan pelayanan KMP Mutiara Sentosa III.

"Setiba di Pelabuhan Tanjung Wangi, sekira pukul 22.00 WIB. Selanjutnya melaksanakan bongkar muat. Peristiwa itu kemudian terjadi saat truk turun dari kapal," kata Ali Masduki di Banyuwangi, Kamis (4/8/2022).

Ali melanjutkan, saat turun dari kapal karena posisi parkirnya di lantai 2, truk tronton tersebut tidak diperkenankan oleh petugas untuk bermanuver, agar bisa turun dengan posisi kendaraan menghadap ke depan.

"Alhasil sang sopir harus menurunkan kendaraan dengan cara mundur dan dikawal oleh petugas dari atas kapal," ucap Ali.

Sesampainya di lantai 1, lanjut Ali, truk tronton itu tetap diarahkan berjalan mundur untuk keluar dari kapal.

Karena tanpa kawalan dari dekat, melainkan hanya dikasih aba-aba dari kejauhan. Sang sopir tidak menyadari jika posisi truk belum sampai di ujung dermaga. "Akhirnya truk tergelincir dan terguling, tersangkut pipa pertamina dan hampir tercebur," beber Ali.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

2 dari 2 halaman

Tercebur ke Laut

Nahasnya, istri sopir itu kecebur ke laut dan mengalami luka memar pada sejumlah tubuhnya.

"Si sopir langsung menolong istrinya pada saat tercebur. Atas kejadian itu sang istri mengalami luka memar pada kaki kiri, ibu jari kelingking hingga tangan kirinya bengkak," tandas Ali.

Hingga Kamis (4/8/2022) pagi, truk tronton yang terguling di Dermaga Pelabuhan Tanjungwangi itu masih belum dievakuasi petugas.

"Kami masih melakukan koordinasi dengan instansi terkait, untuk rencana evakuasi truk terguling ini," tandas Ali.