Sukses

Adik-adik Pramuka Jatim Bakal Bawa 3 Misi dalam Jambore Nasional XI Cibubur

Liputan6.com, Surabaya - Peserta Jambore Nasional XI dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur bakal membawa tiga misi, yaitu kemanusiaan, persaudaraan, dan perdamaian.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jatim Arum Sabil meminta adik didik peserta Jambore Nasional XI mengingat pesan Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Khofifah Indar Parawansa tentang kebhinekaan.

"Kak Khofifah selaku Kamabida juga telah berpesan agar adik-adik peserta Jamnas memberikan yang terbaik dan berkontribusi maksimal untuk bangsa ini," ujarnya di Surabaya, dilansir dari Antara, Kamis (4/8/2022).

Jambore Nasional XI akan mempertemukan peserta perwakilan seluruh provinsi di Tanah Air yang digelar di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, pada 12-21 Agustus 2022.

Peserta Jamnas dari Jatim dilepas secara resmi oleh Khofifah Indar Parawansa di Kamabida sekaligus Gubernur Jatim di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (3/8) kemarin.

Kak Arum, sapaan akrabnya, juga mengapresiasi Khofifah yang membekali para peserta dengan nilai-nilai sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka kedua, yaitu Cinta Alam dan Kasih Sayang sesama Manusia.

Selain itu, menurut dia Kamabida Jatim selalu aktif melibatkan kami dalam kegiatan ekonomi produktif di bidang agribisnis, pertanian, lingkungan hidup, dan kemanusiaan.

"Terima kasih. Ini jadi bekal calon peserta untuk mengikuti Jambore Nasional XI nanti," ucap pengusaha sekaligus petani asal Jember tersebut.

Sementara itu, pada Jambore Nasional XI akan diikuti sebanyak 702 orang dari kontingen Jawa Timur, yang rinciannya 608 anggota penggalang, empat pramuka penggalang berkebutuhan khusus, 80 pembina pendamping, dan 10 orang pimpinan kontingen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

2 dari 2 halaman

3 Misi Kontingen Jatim

Kontingen tersebut berasal dari 38 kabupaten/kota yang masing-masing mengirimkan delapan putra dan delapan putri, serta seorang pembina putra dan seorang pembina putri.

Saat pelepasan yang diwakili para ketua regu, Khofifah juga berpesan seluruh peserta menjaga martabat bangsa, salah satunya dengan mengimplementasikan semangat Merah Putih pada wujud perbuatan.

"Saya mengajak kepada semuanya, agar hati, pikiran, gerak dan langkah harus berseiring dengan semangat Merah Putih. Terlebih saat ini berada pada Agustus, yakni bulan kemerdekaan," ucap Khofifah.

Sebagai perwakilan Jatim di tingkat Nasional, kata dia, setiap orang wajib mendedikasikan diri untuk membawa misi kemanusiaan, persaudaraan, dan perdamaian.