Sukses

Ribuan Nakes di Banyuwangi Divaksin Booster Kedua Pekan Depan

Liputan6.com, Banyuwangi - Sebanyak 6 ribu lebih tenaga Kesehatan di Banyuwangi akan mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19 booster kedua. pada hari Selasa (9/8/2022).

"Rencananya akan kita mulai pada Selasa akan datang, kita bareng dengan Bulan Imunisasi Anak Nasioanal (BIAN) 2022," kata Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi Amir Hidayat, Kamis (4/8/2022).

Pemberian vaksin booster kedua ini hanya khusus untuk tenaga Kesehatan saja. S elain tenaga Kesehatan untuk sementara belum diperbolehkan karena masih belum ada petunjuk teknis. 

“Kalau untuk vaksin booster tahap pertama untuk tenaga Kesehatan di Banyuwangi sudah rampung 100 persen ya. Sehingga data yang kita gunakan untuk vaksinasi booster kedua ini merupakan data nakes yang sudah mengikuti vaksin booster tahap pertama,”papar Amir.

Sementara itu, untuk vaksin yang akan digunakan, ada dua jenis vaksin, yaitu moderna dan astrazeneca. Kata Amir dua jenis vaksin  saat ini sudah siap digunakan dan stoknya mencukupi.

"Alhamdulillah stok vaksin yang akan kita gunakan nanti saat ini mencukupi dan tersimpan di tempat penyimpanan vaksin Dinas Kesehatan Banyuwangi. Ada dua jenis vaksin yang akan kita gunakan yaitu vaksin astrazeneca dan moderna,” tambah Amir.

Amir menargetakan, vaksin booster kedua untuk tenaga Kesehatan ini rampung dalam waktu satu bulan mendatang. 

“Mudah-mudahan dalam sebulan vaksin booster kedua untuk nakes ini bisa rampung. Karena ketersedian vaksin sangat mencukupi,” tambah Amir.

2 dari 2 halaman

Capaian Vaksinasi

 

Diketahui, capaian vaksinasi di Banyuwangi untuk  dosis pertama mencapai 90 persen lebih, dosis lengkap atau dosis ke dua mencapai 70 persen lebih.

Sedangkan vaksin booster pertama mencapai 27 persen. Capaian vaksinasi booster pertama ini merupakan yang tertinggi di Jawa Timur, dibandingkan kabupaten/kota lainnya yang capainya masih dibawah 27 persen.