Sukses

Upaya Shopee Jadikan UMKM Unggul di Pasar Global

 

Liputan6.com, Jakarta - Shopee terus berupaya mendampingi usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia. Hingga akhir 2021, tercatat sudah ada 33,27 juta kunjungan setiap harinya ke platform anak usaha SEA Group ini.

Shopee telah menciptakan jejak manis dalam pertumbuhan UMKM di Indonesia. Berbagai program berskala kecil hingga besar telah dicetuskan perusahaan teknologi ini sejak 2019. Contohnya seperti Program Ekspor Shopee yang mendorong UMKM Indonesia memperluas pasar menembus luar negeri.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna menyatakan, dalam waktu tiga tahun terakhir, Shopee mencatat UMKM yang telah mendaftar dan melakukan ekspor kini jumlahnya terus meningkat. Busana muslim hingga batik khas Indonesia menjadi komoditas ekspor primadona di pasar-pasar mancanegara lewat Shopee Ekspor.

"Hal itu dibuktikan dengan kenaikan penjualan batik yang diekspor melalui Shopee pada 2021 mencapai 600 persen dibandingkan 2020. Angka fantastis itu tidak lepas karena adanya dorongan menaikkan kelas UMKM digital ke ranah global tanpa menghilangkan sentuhan budaya nusantara," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (10/8/2022).

Untuk dapat menjaga semangat itu, Shopee pun terus berkomitmen untuk membina UMKM Indonesia memperbesar kapasitasnya.

Dia menambahkan, saat mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) belum lama ini, Shopee mencetuskan program pembinaan UMKM Lokal lewat "Kampus UMKM Shopee yang menyediakan berbagai macam fasilitas yang dapat mengembangkan pengetahuan dan kemampuan digital pelaku UMKM lokal secara cuma-cuma.

"Tidak hanya edukasi, Kampus UMKM Shopee juga menyediakan fasilitas seperti studio foto dan studio live streaming, yang dapat digunakan secara gratis," jelanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tersebar di 9 Kota

Hingga kini, Kampus UMKM Shopee sudah tersebar di sembilan kota besar di Indonesia yakni Solo, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Medan, Samarinda, Balikpapan, Malang, dan Makassar.

"Ada juga Shopee Center dihadirkan sebagai perpanjangan tangan dari Kampus UMKM Shopee. Tujuannya agar para UMKM di kota-kota kecil tetap bisa mendapatkan akses berjualan yang setara dan memudahkan pelaku UMKM untuk tetap mengembangkan usahanya," tambahnya.

Shopee Center perdana hadir di Mei 2021, bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), membawa misi yang sejalan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yakni membawa transformasi digital hingga daerah pelosok.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS