Sukses

Bupati Ipuk Dorong Diversifikasi Usaha Nelayan Melalui Fish Market Festival

Liputan6.com, Banyuwangi Pemkab Banyuwangi menggelar Fish Market Festival di kawasan nelayan Kampung Mandar. Festival tersebut sekaligus mendorong para keluarga nelayan melakukan diversifikasi usaha guna meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Festival yang dibuka oleh Bupati Ipuk Fiestiandani ini berlangsung meriah. Kampung nelayan yang berada di tak jauh dari Pantai Boom Marina ini ramai dikunjungi warga. Di sepanjang areal pengunjung bisa berbelanja berbagai jenis ikan segar, hingga mencicipi aneka olahan ikan yang bisa dipesan langsung di lokasi.

Ipuk mengatakan, diversifikasi usaha menjadi salah satu upaya pemulihan ekonomi keluarga nelayan di masa pandemi covid-19.

“Selain melaut, nelayan kami dorong untuk mencari celah usaha yang lain, sehingga tidak hanya bergantung dari hasil penjualan ikan melainkan juga ada sumber pendapatan lain,” kata Ipuk, Selasa (9/8/2022).

Diversifikasi usaha, lanjut Ipuk, bisa dilakukan dengan melibatkan peran wanita nelayan. Ibu-ibu nelayan bisa diberdayakan untuk melakukan hilirisasi perikanan dengan mengolah ikan menjadi berbagai produk turunannya. Seperti nugget, abon, bakso dan masih banyak lainnya.

“Jadi tidak hanya mengurus rumah tangga, ibu-ibu juga dapat mengembangkan potensinya membantu perekonomian keluarga. Seperti yang ada di stan-stan fish market sekarang,” kata Ipuk. 

Dalam Fish Market Festival tersebut, pengunjung juga disuguhkan stan-stan produk olahan ikan dan komoditas laut lainnya. Mulai dari krupuk ikan, abon, sambal cumi, rengginang ikan, krupuk cumi, kue stick rumput laut, sirup rumput laut, dodol rumput laut, rambak patin, dan widaran ikan tengiri.

Ada juga olahan mangrove seperti brownies mangrove, teh, stick, dan rempeyek juga ada. Produk frozen olahan ikan juga tersedia, seperti martabak ikan, nugget ikan, bakso ikan, dan masih banyak lainnya.

Diversifikasi usaha diyakini mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga nelayan. “Saat harga ikan anjlok atau suami tidak bisa melaut karena cuaca kurang mendukung, ibu-ibu tetap bisa mendapatkan penghasilan dari berjualan olahan ikan,” ujar Ipuk.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memajukan Sektor Perikanan

Ipuk menambahkan, Fish Market Festival juga sebagai upaya pemerintah daerah untuk terus memajukan sektor perikanan, baik laut maupun darat.

“Lewat festival ini, kami juga mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan pasar ikan tetap bersih,” kata Ipuk. 

Kampung Mandar yang menjadi lokasi festival ini dikenal sebagai salah satu sentra perikanan di pusat kota Banyuwangi. Di kawasan ini, selain nelayan setempat menjual ikan segar, juga terdapat kuliner ikan laut.

Letaknya yang ada di pusat, kawasan Kampung Mandar kini menjadi jujugan untuk menikmati sea food di kota. Wisatawan menikmati aneka makanan laut sambil disuguhkan pemandangan Selat Bali.

Festival ini dihadiri Koordinator Kemitraan Publik, Kementerian Perikanan dan Kelautan RI, Harun. Menurutnya, ini merupakan konsep apik yang mengemas pasar ikan menjadi destinasi wisata menarik bagi masyarakat.

“Ini patut ditiru. Mengemas pasar ikan tak hanya sebagai tempat transaksi jual beli ikan, namun juga pusat

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.