Sukses

Program You-Blast Citi dan PJI Sasar Ratusan Pengusaha Pemula Sidoarjo dan Surabaya

Liputan6.com, Surabaya - Sebagai upaya mendukung dan memperkuat ekosistem kewirausahaan nasional, Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) menggagas program pelatihan bisnis YOUth Business Learning ASpiraTion (YOU-BLAST) untuk 300 wirausaha pemula di Sidoarjo, Surabaya, dan Bandung Raya. 

Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Puni A Anjungsari mengungkapkan, data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah pengangguran di Indonesia sebesar 8,4 juta orang pada Februari 2022, hanya turun 4% setelah melonjak hingga 26,26% pada tahun sebelumnya.

"Fakta ini menunjukkan sektor ketenagakerjaan belum sepenuhnya pulih dari dampak pandemi COVID-19. Oleh karena itu, hadirnya program YOU-BLAST diharapkan dapat turut mengatasi isu pengangguran di Indonesia," ujarnya.

Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan potensi pertumbuhan kesempatan kerja yang diciptakan oleh sektor UMKM.

"Di saat yang sama juga diharapkan dapat membekali para peserta program tersebut tentang bagaimana cara mengatasi tantangan berbisnis di era digital dan pascapandemi ini agar mereka dapat membangun usaha yang kuat dan berkelanjutan dari awal," sambungnya.

Academic Advisor and Operations Counsel Prestasi Junior Indonesia Robert Gardiner memaparkan, ekosistem kewirausahaan Indonesia tengah bergerak ke arah yang kian positif. Momentum ini harus dimanfaatkan untuk terus melahirkan bibit-bibit wirausaha baru dan memperkuat daya saing para wirausaha pemula.

"Hal ini mengingat kewirausahaan berpotensi menjadi sarana untuk generasi muda dalam menciptakan peluang ekonomi bagi diri sendiri, keluarga, dan komunitas," ujarnya.

Program YOU-BLAST akan membantu mengakselerasi peningkatan skala usaha para wirausaha pemula dengan proses inkubasi melalui sejumlah kegiatan, seperti pelatihan, lokakarya, pembinaan, pendampingan, bimbingan teknis, dan akses pemasaran.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Apresiasi Pemkot Surabaya

Staf Ahli Wali Kota Surabaya Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, M Afghani Wardhana mengapresiasi hadirnya Program YOU-BLAST.

“Pemerintah Kota Surabaya mendukung penyelenggaraan pelatihan bagi UMKM yang dijalankan oleh anak muda. Sebagai informasi, di tengah situasi pandemi COVID-19 ini, UMKM adalah salah satu sektor yang paling mudah digerakkan untuk memutar roda perekonomian Kota Surabaya,' ujarnya.

Dia yakin pelatihan dan pemberian wawasan tentang dunia wirausaha dapat membantu keberhasilan bisnis para anak muda ini.

"Kami berharap kegiatan seperti ini bisa diadakan lebih sering dan luas lagi demi memunculkan para pengusaha muda yang luar biasa di Surabaya.”

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS