Sukses

Penyebab Hiu Tutul Mati Terdampar di Pantai Ngagelan Alas Purwo Banyuwangi

Liputan6.com, Banyuwangi - Hiu tutul yang terdampar di Pantai Ngagelan, Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) Banyuwangi, membuat ramai warga setempat.

Koordinator Perlindungan dan Pengamanan Balai TNAP Banyuwangi Sucipto mengatakan, ikan itu disinyalir terdampar saat kondisi air tengah surut. Ikan terjebak di perairan dangkal dan tidak dapat kembali ke tengah laut akhirnya mati.

"Bisa jadi terjebak saat air laut surut saat pagi hari," kata Sucipto, Selasa (9/8/2022).

Dugaannya satwa laut memiliki nama latin rhincodon typus itu tengah mengikuti arah makanan yang diburu.

"Beberapa hari terakhir kan memang kondisi arus laut selatan cukup besar. Jadi kemungkinan makanan hiu itu berada di pinggiran," ungkap Sucipto.

Diketahui, Hiu Tutul atau Hiu Paus itu ditemukan mati terdampar di Pantai Ngagelan, Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi, sejak Sabtu (6/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Jadi Santapan Hewan Lain

Hiu yang memiliki ukuran panjang 4,5 meter itu, ditemukan dengan kondisi beberapa bagian tubuh yang tidak utuh.

Mamalia laut itu sengaja tidak dievakuasi atau dikubur. Sebab akan menjadi santapan hewan liar di sekitar hutan.

"Karena itu akan menjadi santapan biawak ataupun hewan lain. Ini akan menjadi rantai makanan di wilayah TN Alas Purwo," kata Kepala Seksi Pengelola Wilayah 1 Balai TNAP Probo Wresniaji.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS