Sukses

Siapkan Dana Rp 1,8 M, Ubhara Jaya Dorong Dosen Tingkatkan Penelitian dan Pengabdian

Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) menyediakan dana penelitian dan pengabdian masyarakat yang cukup besar, sekitar Rp 1,8 miliar pada 2022.

 

Liputan6.com, Jakarta - Peningkatan jumlah dosen Ubhara Jaya untuk meneliti dan mengabdi telah ditunjukan dengan meningkatnya jumlah proposal yang didanai, yaitu sebanyak 78 proposal penelitian dan 76 proposal pengabdian kepada masyarakat.

Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) menyediakan dana penelitian dan pengabdian masyarakat yang cukup besar, sekitar Rp 1,8 miliar pada 2022.

Demikian disampaikan Rektor Ubhara Jaya, Bambang Karsono, pada saat memberikan sambutan pada Workshop "Penyusunan Luaran Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI) dan MBKM hibah internal" pada Kamis, (11/8/2022).

Bambang menuturkan, dana tersebut penting untuk diserap guna meningkatkan peringkat Ubhara Jaya, serta akreditasi program studi dan institusi. Pengelolaan pengabdian masyarakat, merujuk kepada peraturan pemerintah yaitu Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI) dan MBKM tahun 2020.

"Standar hasil pengabdian masyarakat merupakan kriteria minimal hasil pengabdian masyarakat dalam menerapkan, mengamalkan, dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai kontribusi memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujar Rektor Purnawirawan Polisi berpangkat Inspektur Jenderal itu.

Bambang menambahkan, perlu untuk terus ditumbuhkan agar menjadi sebuah kesadaran kolektif bahwa tugas dosen dalam mengabdi  kepada masyarakat tidak terbatas hanya dalam bentuk kegiatan semata, namun harus berujung kepada luaran.

“Ubhara Jaya melalui LPPMP telah membuat skema penelitian dan pengabdian masyarakat hibah internal. Melalui hibah tersebut diharapkan munculnya luaran yang baru melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkelanjutan,” kata Bambang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Kompetensi

Kepala Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi (LPPMP) Ubhara Jaya Adi Fahrudin menjelaskan, inisiasi LPPMP untuk melakukan kegiatan itu dalam rangka upaya untuk meningkatkan kompetensi dosen Ubhara Jaya dalam menghasilkan luaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat, agar dapat berjalan sesuai dengan timeline yang telah disepakati pada 2022.

“Saya mengajak dosen Ubhara Jaya untuk bersama-sama menghasilkan luaran pengabdian masyarakat serta menciptakan produk-produk yang inovatif untuk kemudian di-publish pada jurnal, HKI, maupun buku sesuai dengan bidang kepakaran masing-masing,” tegas Adi, sapaan akrabnya itu.

Adi, Guru Besar pada Fakultas Psikologi itu juga menjelaskan, tujuan upaya itu agar dapat meningkatkan kinerja Ubhara Jaya untuk mewujudkan Ubhara Jaya menjadi perguruan tinggi dengan lulusan yang unggul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.