Sukses

Mahasiswa Kedokteran Unusa Sulap Ekstrak Biji Buah Delima Jadi Body Cream

Kelima mahasiswa tersebut yaitu Alsa Shafira Sri Handini, Achmad Yanu Noer Fadhilah, Dewi Adila Sonia Zain, Nihazzatuzzain dan Illa Billah.

Liputan6.com, Surabaya - Lima mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) sukses mengolah biji buah delima menjadi body cream yang diberi nama Grenade Skin Solution.

Kelima mahasiswa tersebut yaitu Alsa Shafira Sri Handini, Achmad Yanu Noer Fadhilah, Dewi Adila Sonia Zain, Nihazzatuzzain dan Illa Billah. Mereka mengolah biji buah delima dengan cara mengekstrak hingga menjadi minyak biji buah delima. Dengan hasil ekstraksi ini dibuat body cream.

"Pertama kami penelitian biji buah apa saja yang mengandung banyak zat yang baik buat kulit. Dari sana kami menemukan biji buah delima yang memiliki banyak khasiatnya," ujar Alsa, Kamis (11/8/2022).

Biji buah delima mengandung polifenol dan beberapa asam lemak antara lain asam palmitat, asam stearat, asam oleat, asam linoleat, dan terutama punicid acid semua bahan tersebut cukup baik bagi kulit.

Dengan banyaknya kandungan zat pada biji buah delima, kelimanya mulai membuat body cream dari ekstrak biji buah delima. Alhasil, mereka lolos dalam Program Krestivitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) yang merupakan program dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).

"Body cream dari ekstrak ini lebih cepat untuk mencerahkan kulit sekaligus memiliki banyak manfaat lain seperti melembabkan dan mengatasi kulit kusam, serta bisa menangkal radikal bebas sinar matahari," ucap Alsa.

Dalam proses pembuatan, kelima mahasiswa semester dua dan lima ini didampingi dosen dokter bidang farmakologi, sehingga cream yang dihasilkan cukup aman digunakan.

"Selama proses ini kami didukung penuh dosen untuk membuat body cream dari minyak biji buah delima," ujar Alsa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dijual Online

Alsa berharap, melalui PKM-K timnya terus melakukan penelitian untuk menemukan berbagai produk lainnya.

"Pada dasarnya saya suka sekali dengan penelitian hal baru, jadi kami akan terus membenahi beberapa kendala yang kurang dari produk kami," ucapnya.

Body cream dari kelima mahasiswa ini sudah diperjual belikan melalui media sosial Intagram dan E-Commerce beberapa planform belanja online seperti Shopee.

"Langsung aja ketik Grenade Skin Solution di Shopee atau IG kami Granade Skin," ujar Alsa. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.