Sukses

Cegah Penuaan Dini ala Dokter Spesialis Kulit Wajah Surabaya

Liputan6.com, Surabaya - Dokter spesialis kulit wajah di Emdee Skin Clinic Surabaya Shelin Olivia Hadinoto mengungkapkan, cara mencegah penuaan dini yaitu dengan olahraga dan mengatur pola makan sehat.

"Namun olahraga dan mengatur pola makan sehat saja tidak cukup. Untuk mereka yang usianya di atas 30 tahun tetap diperlukan perawatan agar tidak terjadi penuaan dini," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Surabaya, Minggu (14/8/2022).

Shelin kemudian menjelaskan ciri-ciri kulit wajah yang sehat. Di antaranya adalah warna kukit yang merata di seluruh wajah hingga leher. Baik itu warnanya putih, kecoklatan, maupun hitam, warnanya merata di seluruh kulit wajah. Kulit wajah yang sehat juga terbebas dari flek dan bekas jerawat.

"Kulit yang sehat itu semua orang bisa lihat. Dari segi warna tidak compang-camping entah itu karena flek atau bekas jerawat. Warnanya sama seluruh wajah," ucapnya.

Shelin melanjutkan, kulit wajah yang sehat juga cenderung memiliki pori-pori yang kecil. Pori-pori wajah seseorang biasanya membesar karena dipengaruhi faktor usia.

Artinya, lanjut Shelin, semakin bertambahnya usia seseorang, biasanya pori-pori wajah juga akan semakin membesar. "Kulit sehat pori-porinya kecil. Pori-pori besar itu juga biasanya dipengaruhi faktor usia. Semakin tua semakin pori-porinya besar," ucap Shelin.

Shelin mengatakan, untuk mengukur kulit wajah sehat atau tidak juga bisa dilakukan dengan cara dipegang. Kulit wajah yang sehat, memiliki tekstur yang kenyal atau kencang. Meskipun kulit seseorang terlihat halus tetapi teksturnya kendur, berarti kulit tersebut kurang sehat.

"Kalau kita megang kulitnya kenyal atau enggak. Percuma dari luar kelihatan bagus tapi dipegang kendur. Yang bagus itu kencang, kenyal," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Perawatan Laser hingga Suntik

Shelin menegaskan, banyak perawatan kulit wajah yang bisa dilakukan. Mulai dilaser, suntik, atau menggunakan pil. Tapi, kata dia, perawatan harus dilakukan sama orang yang benar-benar ahli.

Shelin mencontohkan perawatan kulit wajah yang menjadi andalan Emdee Skin Clinic Surabaya yang diberi nama MD Premium Collagen Booster. "Yaitu metode perawatan kulit wajah dengan cara menyuntikkan cairan berisi kolagen yang memiliki peran vital bagi kulit wajah," ucapnya.

"Sementara semakin tua usia seseorang, kandungan kolagen dalam tubuh semakin berkurang. Maka dari itu perlu perawatan dengan cara menyuntikkan kolagen agar kulit wajah tetap terhidrasi, kenyal, dan halus," tambah Shelin.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS