Sukses

Unesa Catat Rekor Muri Kampus Terbanyak Jalin Kerja Sama dengan Pemda, Total 173

Liputan6.com, Surabaya - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mencatatkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai perguruan tinggi yang menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan pemerintah daerah (pemda) terbanyak, yaitu berjumlah 173 pemda-kecamatan.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan pimpinan, jajaran fakultas dan prodi bersama mitra yang bersangkutan secara luring dan daring dalam acara puncak Dies Natalis ke-58 Unesa yang digelar di Graha Unesa, Kampus Lidah Wetan, Surabaya.

Rektor Unesa Nurhasan mengatakan, MURI ini sebagai kado ulang tahun ke-58 Unesa. Kerja sama ini, lanjutnya, satu sisi dalam rangka pencapaian indikator kinerja utama (IKU) menuju PTN-BH dan maksimalisasi implementasi merdeka belajar dan kampus merdeka (MBKM).

Kolaborasi ini untuk semakin membuka ruang belajar yang seluas-luasnya bagi mahasiswa dalam mengembangkan diri dan kompetensi sesuai bidang keilmuannya. Termasuk bagi dosen dalam melakukan program riset maupun pengabdian masyarakat.

“Kampus ini saya ibaratkan rumah makan padang yang punya banyak menu favorit. Mahasiswa tinggal milih sesuai selera, bisa rendang atau yang lain. Dalam artian mahasiswa tinggal memilih program mana yang sesuai passion, minat atau bakat serta rencana karir masa depan mereka. Kami siapkan dan fasilitasi, salah satunya lewat kolaborasi yang keren ini," ujarnya di Graha Unesa, Senin (15/8/2022).

Di sisi lain, sinergi ini juga untuk sama-sama mendorong kemajuan daerah Jatim mulai dari tingkat provinsi, kecamatan, desa hingga rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW).

Unesa, baik dosen, tendik maupun mahasiswa harus menjadi katalisator pembangunan daerah hingga di desa-desa. SDM Unesa satu langkah di depan harus melahirkan terobosan dan lompatan penting bagi masyarakat, bangsa dan negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Bukan yang Pertama

Sri Widayati, Senior Manager MURI menyatakan, pencatatan MURI bagi Unesa ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya, kampus Satu Langkah di Depan ini juga catatkan rekor memprakarsai pantomim di kereta api dengan manipulasi olahraga peserta terbanyak pada Mei 2013. Lalu menyanyikan lagu nasional dengan bahasa isyarat oleh mahasiswa terbanyak pada Desember 2018.

Kemudian flashmob dengan unsur tari remo oleh penari terbanyak pada Desember 2019. Serta penandatanganan kerja sama universitas dengan SMK negeri dan swasta terbanyak, 837 SMK pada Desember 2021.

“Pada hari ini, kami bersyukur berada di sini dalam rangka acara puncak Dies Natalis ke-58 UNESA mencatatkan MURI kelimanya. Semoga UNESA makin jaya dan sukses dengan berbagai prestasi yang diraih,” ujarnya.

Sebagai apresiasi terhadap para tokoh atau pejabat yang berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan dan peningkatan SDM di Indonesia, Unesa emberikan penghargaan berupa anugerah Widya Wiyata Dharma Samya kepada sejumlah pejabat dan tokoh.

Penerima anugerah tersebut di antaranya Menpora Zainudin Amali, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah, Bupati Blitar Rini Syarifah, dan Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS