Sukses

Tim Ekspedisi 77 Jatim Siap Kibarkan Merah Putih di Puncak Arjuno pada 17 Agustus

Liputan6.com, Surabaya - Tim Ekspedisi 77 Jawa Timur siap mengibarkan bendera Merah Putih sekaligus Upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 di puncak Gunung Arjuno.

"Ini salah satu cara mencintai negeri sekaligus menyampaikan kepada dunia tentang rasa cinta NKRI," ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Senin (15/8/2022).

Selama perjalanan menuju puncak Gunung Arjuno yang memiliki ketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut (mdpl), para pendaki yang jumlahnya 77 orang akan melakukan penanaman pohon cemara gunung.

Para pendaki yang tergabung dalam tim Ekspedisi 77 juga membawa bendera Merah Putih untuk dibagikan di permukiman warga sekitar lereng gunung.

Dipilihnya Gunung Arjuno karena terdapat kawasan Taman Hutan Rakyat R Soeryo serta adanya cagar biosfer di kawasan Bromo Tengger Semeru dan Arjuno yang telah ditetapkan oleh UNESCO tahun 2015.

Tim Ekspedisi 77 Gunung Arjuno diikuti pendaki yang berasal dari beberapa perwakilan, seperti unsur aparatur sipil negara (ASN), perempuan, Pramuka, media, pelaku wisata, relawan, serta mahasiswa pencinta alam.

Khofifah juga berpesan kepada seluruh pendaki untuk menjaga kehati-hatian, kekompakan, dan mengutamakan keselamatan terhadap seluruh proses yang akan dilakukan.

Mantan Menteri Sosial itu juga berharap pengibaran bendera Merah Putih di puncak Gunung Arjuno mampu menjadikan semangat nasionalisme dan cinta NKRI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Semangat Juang Anak Muda

"Jangan pernah mengganggu Indonesia karena banyak elemen yang siap menjaga bangsa ini. Di sana juga jangan lupa mendokumentasikan dengan baik dan sampaikan ke dunia agar jangan sekali-sekali mengganggu NKRI," kata Khofifah.

Kepala Dinas Kehutanan Jatim Jumadi menyampaikan tujuan tim Ekspedisi 77 ke Gunung Arjuno untuk membangun semangat juang anak-anak muda dengan mengibarkan Merah Putih di puncak sekaligus penanaman pohon cemara gunung.

"Pengibaran di puncak Gunung Arjuno memberikan arti semangat juang tinggi, serta penanaman cemara gunung menyimbolkan semangat Optimis Jatim Bangkit," tuturnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS