Sukses

77 Tumpeng Kemerdekaan Warga Desa Pesing Kediri Peringati HUT Indonesia

Liputan6.com, Kediri - Banyak cara memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indoneisa ke-77. Salah satu yang cara yang dilakukan warga Desa Pesing, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri, Jawa Timur ini punya cara unik memperingati HUT ke-77 RI dengan menyajikan 77 tumpeng.

Koordinator acara tumpengan massal Muh Khoirul Anam mengatakan, penyajian 77 tumpeng kemerdekaan ini karena bertepatan dengan usia Indonesia yang ke-77.

"Filosofi 77 tumpeng ini, karena bertepatan dengan hari ini, 17 Agustus, Indonesia berusia 77 tahun," kata Khoirul Anam di  Desa Pesing, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri, dilansir dari Antara, Rabu (17/8/2022).

Ia mengatakan tumpengan ini juga sengaja digelar sebagai bentuk syukur atas karunia Tuhan kemerdekaan bangsa ini.

"Kami, warga menginisiasi kegiatan ini sebagai ucapan syukur atas kemerdekaan bangsa ini," kata dia.

Tumpeng tersebut disajikan berupa nasi putih lengkap dengan lauknya seperti ayam bakar, mi goreng, sambal goreng. Tumpeng itu disajikan dalam bentuk mini yang bisa dimakan oleh lima hingga enam orang.

Kegiatan tumpengan massal ini diikuti warga Desa Pesing serta sejumlah warga desa lainnya yang juga ikut serta dalam kegiatan tersebut, memeriahkan HUT Ke-77 RI.

"Kami membuat tumpeng ini dan dimakan bersama-sama dengan seluruh yang hadir. Kami juga terimakasih acara ini bisa berlangsung guna memperingati HUT Kemerdekaan," kata dia.

Selain tumpengan massal, warga juga unjuk kebolehan dengan kesenian jaranan. Mereka menggelar jaranan di lokasi acara, yang merupakan kesenian tradisional bangsa ini.

Kegiatan yang digelar di sepanjang jalan depan rumah keluarga mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko itu mendapat antusiasme dari warga yang mengikuti acara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Makan Bersama

Sebelum makan bersama, warga bersama-sama di halaman rumah keluarga mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Moeldoko tersebut, bertemu dengan anggota keluarga.

Mereka juga dialog dengan keluarga mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Moeldoko yang juga menekankan ucapan syukur dengan kegiatan tumpengan massal, memperingati HUT Ke-77 RI ini. Tumpeng nasi kuning juga disajikan di halaman rumah.

Selanjutnya, perwakilan warga juga memberikan sambutan dan antusiasnya ikut serta dalam kegiatan ini. Kemudian, semua warga pindah ke jalan raya, duduk bersama di jalan yang sudah disiapkan panitia dan makan tumpeng bersama.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS