Sukses

Bus Trans Jatim Mulai Beroperasi, Gratis Selama Agustus

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansah menyatakan, bus ini mematok tarif murah untuk pelajar, santri dan mahasiswa, yakni hanya Rp. 2500. Sedangkan untuk umum Rp 5 ribu.

Liputan6.com, Surabaya - Bus Trans Jatim Koridor I mulai beroperasi Sejak Jum'at (19/8/2022). Koridor satu meliputi rute Sidoarjo - Surabaya - Gresik.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyatakan, bus ini mematok tarif murah untuk pelajar, santri dan mahasiswa, yakni hanya Rp. 2500. Sedangkan untuk umum Rp 5 ribu.

"Bus ini dilayani oleh pramugara dan pramugari. Cashless, digital system dengan artificial intelligence," ujar Khofifah.

Dia menambahkan, bus Trans Jatim beroperasi mulai jam 05.00 - 21.00. Hanya berhenti di halte yang telah ditentukan dan akan melalui 15 halte rute Sidoarjo- Surabaya- Gresik.

"Tiap 15 menit pada jam kerja pagi hari. Sementara rute ,Gresik - Surabaya - Sidoarjo melalui 17 halte. Tiap 15 menit pada jam pulang kerja sore hari," jelasnya.

Selama uji coba sampai akhir Agustus masyarakat dapat menikmati secara gratis. 

Sebelumnya, Anggota Komisi D DPRD Jatim Ferdian Reza Alvisa mengungkapkan, ada 22 bus yang disediakan di koridor I. Di mana 10 bus stand by di Bungurasih Surabaya, 10 bus stand by di Terminal Bunder Gresik. Sementara dua armada bus sebagai cadangan.

"Untuk koridor I ini menghabiskan anggaran Rp 27 miliar, di mana Rp 20 miliar untuk pengadaan bus, dan sisanya terminal dan sumber daya manusianya," ujar Alvis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layani Penumpang dengan Baik

Polistikus Gerindra ini ini juga meminta petugas Bus Trans Jatim dapat melayani penumpang dengan baik.

"Totalnya ada sekitar 32 halte bus yang dilewati ya, dan ada pramugari yang menjual tiket langsung on the spot di dalam bus, ini juga untuk mengakomodir penumpang yang belum maksimal menggunakan aplikasinya. Jadi gak perlu khawatir nanti bisa beli tiket langsung di bus," ucap Alvis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.