Sukses

Antusiasme Warga Probolinggo Ikuti Kraksaan Pawai Budaya 2022

Ribuan peserta yang tergabung dalam 49 peserta dari kategori OPD, pelajar dan desa/kelurahan menampilkan beragam budaya dan kesenian yang ada di Indonesia

Liputan6.com, Probolinggo - Ribuan warga Kota Kraksaan dan sekitarnya antusias menyambut Kraksaan Pawai Budaya 2022 yang digagas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Pawai budaya dengan tema “Pelangi Budaya Nusantara” ini, mengambil rute sejauh 2,5 km dengan start di depan eks Kantor PMI Kabupaten Probolinggo dan finish di pertigaan jalan depan Gereja Jawi Wetan Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan.

Ribuan peserta yang tergabung dalam 49 peserta dari kategori OPD, pelajar dan desa/kelurahan menampilkan beragam budaya dan kesenian yang ada di Indonesia. Mulai dari pakaian adat, profesi hingga sejarah perjuangan untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Untuk kategori pelajar dan desa/kelurahan akan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo, Forum CSR dan Pokja Jurnalis Kraksaan. Nantinya masing-masing kategori akan diambil juara 1, 2 dan 3.

Kraksaan Pawai Budaya 2022 ini diawali dengan Marching Band Gita Wibawa Praja Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo. Disusul oleh bendera merah putih raksasa sepanjang 30 meter. Kemudian dilanjutkan dengan sejumlah OPD, pelajar hingga desa/kelurahan.

Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko mengatakan Kraksaan Pawai Budaya ini digelar untuk menggugah masyarakat bahwa di Indonesia ini ada kebhinnekaan.

“Selain itu dalam rangka bagaimana menggairahkan kembali masyarakat setelah dua tahun terdampak pandemi Covid-19. Ternyata sekarang sudah bisa memulai kegiatan untuk memberikan hiburan kepada masyarakat,” katanya. Minggu ( 21/8/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenakan Baju Gorontalo

Timbul mengaku sangat bersyukur karena antusias masyarakat terhadap Kraksaan Pawai Budaya ini sangat besar sekali. Selain itu partisipasi masyarakat juga sangat tinggi sekali.

“Kraksaan Pawai Budaya ini merupakan sebuah kegiatan agar ada relaksasi masyarakat untuk bisa bersama-sama menyambut dengan penuh kegembiraan dalam peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini Timbul hadir mengenakan pakaian adat Gorontalo. “Kita akan menjaga kebhinnekaan di Indonesia. Kita bersama-sama memakai pakaian adat seluruh nusantara dalam rangka menjaga kebhinekaan di Indonesia,” pungkasnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.