Sukses

Capaian Vaksinasi Covid-19 untuk Anak di Kota Madiun Melebihi Target

Liputan6.com, Madiun - Vaksinasi COVID-19 menyasar anak usia 6 hingga 11 tahun di Kota Madiun, Jawa Timur terus digenjot demi mendapatkan herd immunity atau meningkatkan kekebalan komunal.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kota Madiun dr Denik Wuryani mengatakan, capaian vaksinasi anak sudah melebihi target.

"Insya Allah semua anak sudah divaksin. Capaiannya sudah lebih dari 100 persen dari sasaran sebanyak 15.657 anak usia 6-11 tahun," ujar dia di Madiun, dilansir dari Antara, Senin (22/8/2022).

Denik menyebutkan, capaian vaksinasi anak dosis pertama telah menyentuh 128 persen. Sedangkan dosis kedua 117 persen. Angka tersebut melampaui target.

"Seluruh anak yang ada di Kota Madiun sudah divaksin. Baik yang berdomisili tetap, sementara, maupun warga daerah tetangga yang sekolah di Kota Madiun," katanya.

Meski begitu, Denik memastikan vaksinasi akan terus dilakukan. Hal itu karena banyak anak yang tahun ini ada di transisi usia lima ke enam tahun.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Dukung PTM

Teknisnya, lanjut dia, bisa dilakukan dengan dua cara. Yakni, petugas mendatangi sekolah atau menjemput anak-anak untuk divaksin di gerai serta inisiatif orang tua melakukan vaksinasi anaknya di fasilitas pelayanan kesehatan. Baik puskesmas, gerai vaksinasi, maupun rumah sakit.

Denik menegaskan, vaksinasi anak merupakan hal mutlak untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) penuh atau 100 persen yang saat ini berlangsung.

"Meski ada peningkatan kasus aktif COVID-19 di Kota Madiun, namun penularan virus sejauh ini masih terkendali," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.