Sukses

Positif Sabu, Kapolsek Sukodono Sidoarjo Digelandang ke Polda Jatim

Liputan6.com, Surabaya - Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto membenarkan adanya anggota yang diamankan oleh Propam Polda Jatim terkait dengan penyalahgunaan narkotika jenis sabu.

"Ini merupakan komitmen Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta menindak tegas terhadap segala bentuk judi dan narkotika," ujar Kombes Dirmanto di Mapolda Jatim, Selasa (23/8/2022).

Kombes Dirmanto melanjutkan, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta kemarin telah memberikan instruksi kepada Kabid Propam, penegakkan disiplin terhadap seluruh anggota.

"Pada hari kemarin mendapatkan informasi dari masyarakat, ada salah satu kapolsek (Sukodono) di wilayah Sidoarjo, diduga terindikasi menggunakan narkotika jenis sabu," ucapnya.

Kemudian tadi pagi sekitar pukul 01.10 WIB, anggota Propam Polda Jatim melakukan upaya penyelidikan di Polsek, kemudian dilakukan tes urin terhadap kapolsek tersebut.

"Kapolsek tersebut dari hasil tes urinenya dinyatakan positif menggunakan sabu. Selain itu ada juga dua orang anggota Polsek di situ yang diduga juga menggunakan narkoba," ujar Kombes Dirmanto.

Ada beberapa barang bukti di sana yang ditemukan. Bekas penggunaan narkotika seperti korek api, sedotan pendek, plastik bekas pakai narkotika.

"Iya, sekarang tiga orang tersebut diamankan di Polda Jatim, mereka adalah satu orang AKP berinisial KT, kemudian dua orang Aiptu, YHB dan YS," ucap Kombes Dirmanto.

Kombes Dirmanto menegaskan, kegiatan tersebut bukan dalam rangka penggerebekan pesta narkoba di mapolsek. Setelah tes urine, ketiga anggota polisi tersebut langsung diamankan di mapolda Jatim.

"Jadi setelah penggunaan sabu, ada informasi, Kabid Propam Polda Jatim turun ke lapangan, cek lapangan, tes urine, diperiksa dan diamankan di Polda Jatim," ujarnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Penangkapan

Sebelumnya, Direktorat Narkoba Polda Jatim dikabarkan melakukan penangkapan Kapolsek Sukodono Sidoarjo bersama anggota polsek lainnya saat pesta sabu di mapolsek Sukodono.

Perwira pertama berpangkat AKP bersama beberapa oknum anggota di mapolsek Sukodono Sidoarjo diamankan dalam penangkapan tersebut.

Dari informasi yang dihimpun, selain mengamankam pimpinan di mapolsek itu, anggota Dirnarkoba Polda Jatim juga mengamankan anggota yang diduga terlibat dalam pesta narkoba itu.

"Sekarang sudah digelendang dan menjalani pemeriksaan intensif di Mapolda Jatim," kata sumber kepolisian saat dikonfirmasi, Selasa (23/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.