Sukses

Warga Banyuwangi Diimbau Segera Vaksin Booster Sebelum Berbayar

Liputan6.com, Banyuwangi - Dinas Kesehatan Banyuwangi, mencatat untuk capaian vaksinasi booster kedua yang diperuntuhkan untuk tenaga Kesehatan hingga akhir Agustus ini baru di angka 40 persen dari jumlah total 7000 nakes di Banyuwangi.

Itu artinya masih  ada 60 persen tenaga Kesehatan yang belum melakukan vaksinasi booster dosis kedua. Di Kabupaten Banyuwangi.

“Untuk vaksinasi booster kedua bagi tenaga Kesehatan masih mencapai 40 persen, masih kurang 60 persenan tenaga Kesehatan yang belum divaksin booster kedua,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi Amir Hidayat, Sabtu (27/8/2022).

Amir mengaku, secara teknis pelaksanaan di lapangan tidak ada kendala. Bahkan kata Amir, sebenarnya vaksinasi booster kedua untuk tenaga Kesehatan bisa segera diselesaikan.

Namun demikian, Pemerintah Banyuwangi, untuk saat ini lebih mengutamakan masyarakat umum untuk mendapatkan vaksin booster atau vaksin ketiga.

Sehingga menurut Amir, pelaksanaan vaksinasi booster kedua untuk tenaga Kesehatan bisa dilakukan di setiap akhir pekan dengan cara bertahap atau bergiliran.

“Sebenarnya tidak ada kendala teknis apapun untuk vaksinasi booster kedua untuk nakes. Kalau mau bisa kita selesaikan dalam bulan Agustus ini," katanya.

"Tapi kami lebih mengutamakan masyarakat umum untuk mendapatkan vaksin booster atau vaksin ketiga. Sehingga tenaga Kesehatan bisa secara bergiliran untuk vaksin booster kedua. Karena tenaga Kesehatan seluruhnya juga sudah mendapatkan vaksin booster tahap pertama,” tegas Amir.

Amir menargetkan, untuk vaksinasi booster kedua bagi tenaga Kesehatan akan rampung pada bulan September akan datang.

“Saya menargetkan untuk vaksinasi booster kedua untuk nakes rampung bulan depan. Karena sasaranya kan juga sedikit hanya 7000 orang tenaga Kesehatan dan pelaksanaanya juga lebih muda,” tambah Amir.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Vaksin Booster Akan Berbayar

Sedangkan untuk vaksinasi booster untuk masyarakat di Kabupaten Banyuwangi, hingga akhir bulan Agustus ini telah mencapai 30 persen. Itu artinya masih kurang 20 persen lagi untuk memenuhi capaian yang ditargetkan oleh Kementerian Kesehatan yaitu 50 persen dari jumlah penduduk yang ada.

“Kalau capaian vaksin booster untuk masyarakat umum sampai saat ini kita sudah berada di angka 30 persen. Sudah luamayan tapi masih kurang 50 persen untuk memenuhi capaian yang diberikan Kementerian Kesehatan yaitu 50 persen.

Amir mengimbau kepada masyarakat yang belum melakukan vaksinasi booster segera melakukanya. Agar kekebalan tubuh terbentuk. Sebab Covid-19 masih ada.

“Saya mengimbau masyarakat yang belum vaksin booster ayo vaksin agar tidak mudah tertular Covid-19. Ditambah lagi kedepanya vaksin booster ini akan berbayar. Padahal vaksin booster ini menjadi syarat untuk bepergian dan syarat lainnya. Jadi sebelum berbayar ayo segera vaksin," ajak Amir Hidayat.

Hingga Bulan Agustus 2022 ini, capaian vaksinasi di Kabupaten Banyuwangi untuk vaksin dosis pertama berada di angka 90 persen lebih, sedangkan vaksin dosis lengkap atau ke dua mencapai 80 persen lebih. Untuk vaksin dosis ke 3 atau booster mencapai 30 persen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.