Sukses

Ranupani Jadi Prioritas Pembangunan Sektor Pariwisata di Lumajang

Liputan6.com, Lumajang - Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan bahwa program pengembangan pariwisata masih akan diprioritaskan di kawasan Ranupani. Hal tersebut disampaikannya dalam acara Jagong Bareng Lumajang Menjawab di Halaman Kantor Bupati Lumajang.

Menurut Cak Thoriq panggilan akrabnya, Ranupani dianggap mampu menjadi pengungkit sektor pariwisata di Kabupaten Lumajang, karena selain faktor alam yang mendukung, Ranupane juga sudah dikenal banyak orang dari luar daerah yang akan melakukan pendakian.

"Ranupani sudah ada yang datang, ini segmented untuk orang mendaki, tapi ini yang datang dari banyak daerah. Saya ingin Ranupani sebagai pengungkit pariwsata di Kabupaten Lumajang. Ini bisa berdampak menjadi pengungkit yang lain," ujarnya Minggu (28/8/2022).

Dengan pembangunan pariwisata yang diprioritaskan di Ranupani, Cak Thoriq berharap para tamu yang datang lebih nyaman dengan pelayanan yang diberikan, sehingga bisa memberikan informasi yang positif kepada masyarakat di luar daerah.

"Kita ingin memberikan pelayanan baik, saya berharap mereka tamu yang datang bisa jadi corongnya ke luar bahwa Ranupani sudah berbenah, banyak yang bisa dinikmati di sana," katanya.

Selain itu, Cak Thoriq juga berkeinginan untuk mengembalikan kondisi lingkungan di Ranupani. Salah satunya, mengembalikan kondisi Danau Ranupani seperti dulu.

"Ranupani menjadi tujuan utama saya untuk merevitasliasi lingkungan, dulu Danau Ranupani itu luas, sekarang karena tertutup sedimentasi jadi semakin berkurang. Ini yang harus kita kembalikan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.