Sukses

Diterjang Longsor, Lumajang - Malang via Pronojiwo Sempat Ditutup Total

Liputan6.com, Lumajang - Hujan yang terus mengguyur sejak Sabtu hingga Minggu, membuat longsor di KM 58 Piket Nol Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Lumajang pada Mingggu 10 September 2022.

Sutikno, pegawai proyek jembatan Gladak Perak mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 05.30 WIB. Saat itu, dirinya sedang pengecekan jalan ke arah Supiturang dan melihat longsoran matrial tanah dan batu serta pohon tumbang.

"Ada pohon tumbang juga jenis Bulupek dengan di KM 58 Piket Nol, tepatnya di utara decker (tembok penahan tanah)," katanya, Senin (12/9/2022).

Akibatnya, jalan nasional penghubung Lumajang - Malang melalui Pronojiwo ditutup total sebelum adanya pembersihan. Karena jalan tidak bisa dilewati sama sekali.

Sutikno melaporkan kejadian tersebut ke Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang melalui sambungan WAG PB Lumajang.

Satu regu Tim BPBD Lumajang yang tiba di lokasi, langsung melakukan pembersihan manual bersama pengendara motor dan sejumlah warga yang sedang melintas di area Piket nol.

Tidak lama berselang, alat berat jenis Eksavator milik Hutama Karya juga dilibatkan dalam upaya melakukan pembersihan.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Sudah Dibuka

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Lumajang Joko Sambang mengatakan, arus lalu lintas sudah mulai dibuka kembali sekitar pukul 13.10 WIB. Namun, masyarakat yang melalui jalur tersebut diminta tetap waspada dan berhati-hati karena potensi hujan masih terus terjadi.

"Pukul 13.10 WIB, proses pembersihan material longsoran dan pohon tumbang di KM 58 piket nol selesai dan arus lalu lintas Lumajang - Malang kembali lancar," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.