Sukses

Prabowo Capres Favorit di Jatim, Kalahkan Ganjar dan Anies

Menurut Baihaki, kekuatan Prabowo di Tapal Kuda juga ditopang oleh kader-kader Gerindra yang getol turun di daerah tersebut. Seperti Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad.

 

Liputan6.com, Surabaya - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) membeber hasil survei elektabilitas calon presiden di Jawa Timur. Hasilnya, Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto unggul atas Ganjar Pranowo.

"Prabowo masih teratas di Jatim, unggul tipis atas Ganjar Pranowo," ujar Direktur ARCI Baihaki Siratj saat paparan hasil survei di Surabaya, Senin (19/9/2022).

Baihaki menyatakan, keunggulan Prabowo di Jatim didapatkan dari suara di kawasan Tapal Kuda. Di mana, Tapal Kuda merupakan wilayah yang didominasi warga Nahdlatul Ulama (NU).

Menurut Baihaki, kekuatan Prabowo di Tapal Kuda juga ditopang oleh kader-kader Gerindra yang getol turun di daerah tersebut. Seperti Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad.

"Prabowo unggulnya di daerah Tapal Kuda, di Madura. Karena basisnya sejak dulu di sana. Ditambah kader-kader Gerindra di Tapal Kuda ini sangat bergeliat," tegasnya.

Lebih lanjut Baihaki mengatakan, saat disimulasikan dengan sejumlah nama cawapres, Prabowo tetap unggul. Saat digandengkan dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa atau dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Prabowo tetap mengungguli Ganjar Pranowo.

"Faktor lain juga Prabowo sudah menyatakan dirinya akan maju lagi di Pilpres 2024. Hal ini membuat angka elektabilitas beliau naik. Sedangkan Ganjar belum jelas, partainya dari mana. Sementara Anies Baswedan masih kurang laku di Jatim," bebernya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Elektabilitas

Survei ARCI dilakukan pada 5-12 September 2022 di seluruh 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah responden sebanyak 1.200 dengan margin of error sebesar 2,8 persen.

Berikut hasil survei ARCI:

1. Prabowo Subianto 21,7 persen

2. Ganjar Pranowo 21,4 persen

3. Anies Baswedan 10,5 persen

4. Muhaimin Iskandar 10,3 persen

5. Erick Tohir 6,4 persen

6. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 5,7 persen

7. La Nyalla Matalitti 4,1 persen

8. Ridwan Kamil 3,9 persen

9. Airlangga Hartarto 2,7 persen

10. Sandiaga Uno 2,1 persen

11. Puan Maharani 1,9 persen

12. Moeldoko 1,2 persen

Tidak menjawab/tidak tahu: 8,1 persen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.