Sukses

Tingkatkan Daya Saing, Pelaku UMKM Kota Probolinggo Dibekali Wawasan e-Marketing

Liputan6.com, Probolinggo - Sejumlah pelaku UMKM di Kelurahan Kedopok Kota Probolinggo, mengikuti sosialisasi pemasaran online (e-marketing).

Sosialisasi ber tujuan mengedukasi pelaku UMKM agar dapat meningkatkan pengetahuan dan keahlian di bidang pemasaran berbasis digital, sehingga produknya berpotensi dan berdaya saing.

"Kegiatan ini untuk mengedukasi masyarakat karena tantangan ke depan terkait digital marketing menjadi tuntutan zaman," ujar Wali Kota Probolinggo Habib Hadi, Selasa (20/9/2022).

Menurutnya, saat pandemi masyarakat diharuskan beraktivitas di rumah, sehingga usai pandemi masyarakat sudah terbiasa melakukan pembelian online yang dianggap membawa kenyamanan dan tidak menguras energi.

"Hal inilah yang harus dimanfaatkan pelaku UMKM melalui e-Marketing. Meraih keberhasilan tetap melalui sebuah proses. Pelaku UMKM harus tetap menjaga mutu dan kualitas agar pembeli terus berdatangan," tegas Habib Hadi.

Dia berharap dari sosialisasi ini mampu menyadarkan masyarakat bahwa menjalankan usaha harus menjaga mutu dan kualitas serta memasarkannya melalui e-Marketing.

"Ketika pembeli merasa cocok maka akan merekomendasikan ke siapapun karena kita mampu menjaga mutu dan kualitas produk," imbuhnya.

Setelah sosialisasi ini, Hadi menyatakan pihaknya akan memantau perkembangan UMKM di Kelurahan Kedopok. Ia ingin melihat output dari sosialisasi ini untuk membangkitkan ekonomi masyarakat melalui digital marketing.

"Sebagus apapun program untuk mengedukasi masyarakat namun jika tidak direspons dan berjalan seiring seirama maka akan sia-sia. Pemerintah berusaha memfasilitasi untuk membuka pola pikir masyarakat. Yang saya inginkan sekarang Anda di sini (sebagai peserta) tetapi di tahun depan  akan melatih orang lain," ungkapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Digemari Pembeli

Habib Hadi berharap setiap pelaku UMKM harus ikut andil dalam e-marketing dan mengikuti perkembangan zaman.

"Semoga yang kita lakukan ini betul-betul membawa hasil yang bermanfaat," harapnya.

Faiz, salah satu peserta sosialisasi mengharapkan digital marketing ini, produknya akan semakin digemari pembeli.

"Semoga produk saya bisa semakin laris dengan e-Marketing ini. Makin banyak yang suka dan membeli," harapnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS