Sukses

Pengamat Sebut Sosok Emil Dardak Dongkrak Elektabilitas Demokrat di Jatim

Liputan6.com, Surabaya - Sosok Wakil Geburnur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak sebagai ketua Partai Demokrat Jawa Timur dinilai menjadi faktor pengangkat elektabilitas partai itu di provinsi paling timur Pulau Jawa.

Hal itu disampaikan oleh Pengamat politik asal Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) Baihaki Siraijt menilai kinerja Emil Dardak di Jatim.

“Emil Dardak figur muda dan cerdas. Ini yang menjadi faktor utama da berperan penting membuat Demokrat naik signifikan," ujarnya di Surabaya, dilansir dari Antara, Selasa (20/9/2022).

Survei ARCI menyatakan elektabilitas Partai Demokrat di Jawa Timur naik dalam tiga bulan terakhir. Berdasarkan hasil survei yang dirilis ARCI, elektabilitas partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu mencapai 9,7 persen.

Perolehan itu menempatkan Partai Demokrat berada di posisi kelima di Jatim, di bawah PKB sebesar 16,8 persen, PDI Perjuangan 16,1 persen, Partai Gerindra 15,4 persen, dan Partai Golkar 10,2 persen.

Angka tersebut melonjak tajam dari survei ARCI yang tiga bulan lalu menyebutkan Demokrat hanya meraih 6, 17 persen.

Menurut Baihaki, sosok Emil Dardak yang direpresentasikan sebagai figur muda dan cerdas mampu menarik suara milenial untuk memilih Partai Demokrat pada Pemilihan Umum 2024.

Sementara itu, survei ARCI dilakukan pada 5-12 September 2022 di seluruh 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.200 orang yang margin of error sebesar lebih kurang 2,8 persen.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS