Sukses

Pabrik Pengolahan Kayu Sengon di Probolinggo Ludes Dilalap Api

Salah seorang saksi mata Andi mengatakan, kebakaran tidak mengetahui pasti dari mana awal mula sumber api.

Liputan6.com, Probolinggo - Pabrik pengolahan kayu milik PT Sengon Anugerah di Kecamatan Wonomerto, Probolinggo kebakaran pada Selasa malam 20 September 2022. Kebakaran meludeskan hampir semua ruangan yang ada di pabrik. Angin yang berhembus kencang  menyebabkan api cepat berkobar dan dan menjalar ke ruangan lainya.

Salah seorang saksi mata Andi mengatakan, kebakaran tidak mengetahui pasti dari mana awal mula sumber api.

“Saya sudah tau api sudah tiba- tiba membesar. Dan membakar beberapa bagian pabrik,”ujarnya, Rabu (21/9/2022).

Untuk memadamkan kobaran api yang membakar pabrik, sedikitnya lima unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan, yang terdiri 2 unit damkar dari kota Probolinggo, dua damkar dari Kabupaten Probolinggo dan satu unit truk tangki milik BPBD Probolinggo.

Petugas Damkar Probolinggo Valentino menyatakan, pihaknya mengalami kesulitan pemadaman lantaran lokasi pabrik yang jauh dari hydrant (penyedia air). Ditambah lagi di sekitar lokasi  kebakaran juga tidak ada sumber mata air.

“Sehingga kami harus mengambil air ke luar desa, dan secara otomatis memperlama upaya pemadaman api,”tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Matikan Saluran Listrik

Kata Valentino, api dengan mudahya menjalar ke bagian lainnya, lantaran isi pabrik dipenuhi dengan triplek yang matrialnya sangat mudah terbakar. Guna mencegah kebakaran lebih besar saluran listrik di lokasi kebakaran langsung dimatikan.

“Untuk laporan korban jiwa  tidak ada, karena kondisinya memang sudah tidak ada karyawan. Sedangkan kerugian akibat kebakaran ini masih dalam pendataan,” kata Valentino.

Sementara itu, untuk upaya pemadaman pabrik dilakukan hingga Rabu dinihari. Sebab kobaran api cukup besar karena terbakarnya matrial kayu di dalam pabrik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.