Sukses

Operasi Lumbung Pangan Mulai Digeber di Jatim, Sasar 25 Pasar di 8 Kota Jatim

Liputan6.com, Surabaya - Operasi lumbung pangan untuk meringankan beban warga pasca BBM naik, mulai digelar di Jatim. Operasi diawali di lima pasar Surabaya dan Malang.

Di Surabaya digelar di Pasar Soponyono, Pucang Anom dan Tambak Rejo. Selain itu di Pasar Dinoyo dan Pasar Besar Kota Malang.

"Operasi Pasar Lumbung Pangan Jatim ini dihelat khusus untuk meringankan beban masyarakat, meningkatkan daya beli, serta mengendalikan inflasi daerah," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Selasa (21/9/2022).

Dia mempersilakan warga untuk memanfaatkan program ini. Harga bahan pangan dan kebutuhan pokok di titik-titik pasar yang digelar Operasi Pasar Lumbung Pangan Jatim dipastikan lebih murah dan sangat terjangkau.

Seperti beras dijual dengan harga Rp50.000 per 5 kilogram, gula Rp12.000 per kilogram, telur ayam Rp20.000 per kilogram, cabe rawit Rp10.000 per bungkus 200 gram.

Kemudian daging ayam dijual Rp20.000 per ekor, bawang merah Rp10.000 per 500 gram, serta minyak goreng Rp11.000 per liter.

"Bagi yang belum sempat belanja, jangan khawatir. Program ini juga akan digelar pekan depan, setiap hari Senin pagi di 25 titik pasar di 8 kota wilayah Jatim," ujarnya.

Delapan kota terasebut yaitu Surabaya, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Probolinggo, Jember, Banyuwangi, dan Sumenep.

Diharapkan program ini mampu menekan spekulasi harga, serta meningkatkan daya beli masyarakat dan mencegah inflasi tak terkontrol sebagai dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Pasar Wonokromo hingga Pasar Bangkal

Sebanyak 25 pasar yang telah dijadwalkan digelar Operasi Pasar Lumbung Pangan Jatim mulai pekan depan adalah Pasar Wonokromo, Pasar Pucang Anom, Pasar Genteng, Pasar Tambak Rejo dan Pasar Soponyono di Kota Surabaya. Kemudian Pasar Dinoyo, Pasar Belimbing dan Pasar Besar Kota Malang.

Kemudian Pasar Sleko dan Pasar Besar Kota Madiun. Pasar Setono Betek dan Pasar Besar Kota Kediri. Pasar Tanjung, Pasar Wirolegi, Pasar Mangli, dan Pasar Kreongan di Kota Probolinggo.

Selain itu Pasar Baru dan Pasar Wonoasih Kabupaten Jember. Pasar Blambangan, Pasar Banyuwangi, Pasar Rogojampi, Pasar Jajag, dan Pasar Genteng 1 di Banyuwangi. Serta Pasar Anom Baru dan Pasar Bangkal Sumenep.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS