Sukses

96 Pasang Sapi Ramaikan Lomba Kerapan Sapi di Probolinggo Akhir Pekan Ini

Lomba yang digelar oleh Paguyuban Kerapan Sapi Probolinggo ini, dibagi dalam dua kategori, yaitu kategori besar dan kategori kecil.

Liputan6.com, Probolinggo - Sebanyak 96 pasang sapi bakal meramaikan lomba kerapan sapi Piala Bupati Probolinggo di Lapangan Desa Tempuran pada akhir pekan ini.

Lomba yang digelar oleh Paguyuban Kerapan Sapi Probolinggo ini, dibagi dalam dua kategori, yaitu kategori besar dan kategori kecil.

Untuk kategori besar diikuti 48 pasang sapi dan kategori kecil diikuti 48 pasang sapi. Total lomba ini diramaikan oleh 192 ekor sapi. Mereka berasal dari Madura, Probolinggo, Jember dan Lumajang.

Dalam lomba kerapan sapi yang memperebutkan total hadiah sebesar Rp 45 juta ini, panitia juga menggelar lomba foto kerapan sapi. Total hadiah yang disediakan untuk lomba foto ini sebesar Rp 5,5 juta.

Ketua panitia Imam Syafi’i mengatakan, lomba kerapan sapi Piala Bupati Probolinggo dilakukan dalam rangka untuk melestarikan budaya kerapan sapi.

"Meski bukan budaya asli Probolinggo, tetapi orang Probolinggo adalah pendalungan Jawa Madura. Jadi reuni budaya tradisionalnya,” katanya, Jumat (23/9/2022).

Menurut Imam, panitia membatasi untuk jumlah pesertanya. Sebab jika tidak dibatasi maka akan lebih dari 96 pasang sapi besar dan kecil. Kemungkinan juga tidak akan selesai dua hari jika tidak dibatasi pesertanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PMK Berakhir

"Lomba ini merupakan sebuah bukti bahwa wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) di Kabupaten Probolinggo telah berakhir. Wabah PMK sudah bisa diatasi dengan baik oleh Satgas PMK Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Imam berharap agar lomba kerapan sapi tahun depan bisa dibackup APBD. Tahun ini masih belum, namun ada kerja sama dengan semua OPD terkait serta dukungan dan support dari sponsor dan donator.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.