Sukses

Truk Fuso Terguling dan Timpa Warung di Sukowidi Banyuwangi, 4 Orang Tewas

Liputan6.com, Banyuwangi - Diduga kerana rem blong, sebuah truk fuso dengan nopol AA 1795 DE terguling di lampu merah Sukowidi Banyuwangi, Minggu (25/9/2022) siang.

Truk menimpa sebuah warung. Akibatnya, empat orang dinyatakan meninggal dunia, yakni  sopir truk, pemilik warung, dan 2 pengendara sepeda motor.

Pantauan di lapangan, truk oleng tersebut masih berusaha dievakuasi oleh petugas menggunakan bantuan truk crane.

Saksi di lokasi yang enggan namanya disebut menyatakan, kecelakaan berlangsung sekitar pukul 12.00 WIB. Truk fuso itu melaju dari barat Jalan Argopuro hendak menuju ke arah utara jalur Ketapang.

Sesampainya di lampu merah Sukowidi, truk hilang kendali. Saat menikung ke arah utara, truk itu justru oleng ke jalur berlawanan.

"Truk itu tiba-tiba mengarah ke lampu merah dari arah utara, kemudian oleng dan menabrak sejumlah pengendara dan terguling menimpa warung," ucapnya.

Saat peristiwa berlangsung, lanjut saksi ini, ada dua pengendara yang berhenti di lampu merah. Salah satunya pekerja ojek online (ojol). Mereka ikut dihantam truk oleng tersebut. Tak hanya itu, pemilik warung nasi di sekitar ikut jadi korban.

"Dua orang sudah langsung dibawa ambulans ke rumah sakit, satu orang masih terjebak karena tergencet di bawah truk. Termasuk sopir juga," jelasnya.

"Tadi saya sempat teriak-teriak, truk itu berlenggak-lenggok soalnya. Tapi pengendara yang berhenti mungkin tidak dengar," cetusnya.

Saat insiden berlangsung, saksi itu juga mendengar suara benturan keras. "Kayak bunyi ledakan, terus ada bau solar yang keluar dari truk," pungkasnya.

Kabar di sekitar lokasi saat ini tampak dipadati ratusan warga yang ikut menyaksikan insiden tersebut.

Dampak dari insiden ini juga menyebabkan, kemacetan cukup panjang dari arau utara. Sementara pengendara dari arah selatan dialihkan ke barat.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Dibawa ke RSUD Blambangan

 

Kanit Gakkum Satlantas Polresta Banyuwangi, Ipda Wahid Hasyim mengatakan kronologi bermula saat truk melaju dari arah barat menuju utara. Truk saat membawa muatan bahan bakar minyak jenis solar.

"Saat jalan menikung ke kiri truk tidak bisa menikung maksimal. Kemudian melaju kencang hingga akhirnya terguling dan menimpa bangunan warung. Dugaan sementara truk mengalami rem blong," kata Ipda Hasyim.

Akibat kecelakaan itu 4 orang dinyatakan meninggal dunia. Para korban telah berhasil dievakuasi dan dibawa ke RSUD Blambangan.

"Evakuasi memakan waktu kurang lebih 2 jam. Untuk truk telah dievakuasi juga dan dibawa ke kantor unit Gakkum Lantas Polresta Banyuwangi," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.