Sukses

Hubungan Harmonis dengan NU Tingkatkan Elektoral Erick Thohir di Pilpres 2024

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir masuk ke dalam deretan calon wakil presiden (cawapres) terkuat pada Pemilu 2024. Salah satu faktornya adalah Erick Thohir didukung basis massa besar dari kelompok Islam.

Basis massa Islam yang dimiliki Erick Thohir berasal dari kelompok Nahdlatul Ulama (NU). Seperti diketahui, Erick Thohir merupakan Anggota Kehormatan Banser NU dan saat ini memiliki banyak kedekatan dengan kiai.

Guru Besar Universitas Airlangga (Unair) Prof Hotman Siahaan menilai Erick Thohir mampu menjalin hubungan yang harmonis dengan para petinggi NU. Di beberapa kesempatan, Erick Thohir kerap menunjukkan kedekatannya dengan Ketua PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau akrab disapa Gus Yahya.

Keharmonisan Erick Thohir dengan berbagai tokoh NU juga memberikan kontribusi elektoral dalam kontestasi. Hal tersebut membuat namanya semakin berpeluang meraih dukungan masyarakat Nahdliyin.

“Pak Erick Thohir memiliki hubungan sangat baik dengan NU. Beliau juga termasuk bagian dari NU dengan menjadi anggota kehormatan Banser,” ujar Prof Hotman.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Basis Dukungan

Terbaru, Erick Thohir juga dipercaya untuk mengomandoi kegiatan Hari Lahir NU yang ke 100 tahun. Kedekatan dan kepercayaan masyarakat NU kepada Erick Thohir menyebabkan sosoknya memiliki basis pendukung kanan nasionalis yang sangat besar dan solid.

“Dia juga dipercaya memimpin harlah satu abad NU. Saya rasa itu yang menyebabkan Pak Erick Thohir memiliki basis suara Islam yang besar,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.