Sukses

Pemkot Surabaya Gelar Sayembara Desain Patung Bung Karno, Juara I Kantongi Rp 100 Juta

 

Liputan6.com, Surabaya - Pemkot Surabaya menggelar sayembara desain patung Bung Karno dengan tema "Warisi Apinya, Jangan Abunya" dengan berhadiah ratusan juta rupiah.

Patung Bung Karno rencananya akan dibangun di perempatan di Jalan Soekarno (Merr) dan Jalan Raya Kertajaya Indah.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan, sayembara gratis. peserta bisa daftar dan pengiriman karya hingga 20 Oktober 2022. Tahap penjurian dan presentasi pada 23 - 30 Oktober 2022.

“Pameran karya pada 1 - 9 November 2022 dan pengumuman pemenang pada 10 November 2022," kata Wiwiek, Senin (26/9/2022).

Dia memmeber  beberapa ketentuan sayembara, di antaranya, bentuk patung seluruh tubuh, ekspresi mencerminkan semangat bangsa, desain patung dalam bentuk 3 dimensi mockup/model miniatur dengan ketinggian minimal 80 cm, maksimal 100 cm, dan dilengkapi dengan bentuk base/landasan.

“Material mockup bebas, desain patung merupakan karya orisinil, bukan plagiat dan tidak terikat hak cipta manapun, peserta diperbolehkan mengirim lebih dari satu karya, menyertakan narasi dari desain karya patung," ujarnya.

Pemkot Surabaya berhak menyempurnakan desain yang akan diaplikasikan. Karya desain patung juara 1, 2, dan 3 akan menjadi hak milik Pemkot Surabaya. Karya yang tidak masuk nominasi juara dapat diambil kembali oleh peserta dalam jangka waktu 2 minggu setelah pengumuman pemenang.

“Jika peserta tidak mengambil karya dalam jangka waktu tersebut, maka karya tersebut hak milik Pemkot Surabaya. Hak cipta semua karya desain patung menjadi milik peserta,” terangnya.

Peserta yang meraih juara pertama akan mendapatkan Rp 100 juta rupiah beserta sertifikat, juara kedua mendapatkan Rp 60 juta rupiah beserta sertifikat, dan juara ketiga mendapatkan Rp 30 juta rupiah beserta sertifikat.

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Nilai Artistik

Sebelumnya, pada peringatan Bulan Bung Karno, 6 Juni 2022 lalu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan bahwa Pemkot Surabaya akan menggelar “Sayembara Desain Patung Bung Karno” dengan tema Warisi Apinya, Jangan Abunya. Desain pemenang akan diaplikasikan dalam sebuah patung yang bakal dibangun oleh Pemkot Surabaya.

Sebab, menurutnya,  “Sayembara Desain Patung Bung Karno” akan sangat kental dengan nilai-nilai artistik. Ini adalah bagian dari penghormatan kepada Bung Karno yang juga dikenal sebagai seniman dan arsitek. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.