Sukses

Khofifah Pastikan Harga Kebutuhan Pokok di Jatim Stabil, Berikut Daftar Harganya

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah memastikan harga kebutuhan bahan pokok di Jatim saat ini stabil, usai kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu.

"Menjaga harga tetap stabil menjadi sangat penting. Hal ini untuk menjaga agar tidak terjadi penurunan daya beli masyarakat. Karena itu menjadi modal kita untuk bisa membangun agar pulih lebih cepat bangkit lebih kuat," ujarnya di Pasar Soponyono Rungkut Surabaya, Senin (26/9/2022). 

Terpantau harga-harga kebutuhan pokok di Pasar Soponyono Surabaya terbilang stabil. Beberapa komoditas tampak dijual di bawah harga eceran tertinggi (HET). 

Misalnya daging ayam yang HET-nya Rp34 ribu per kilogram tapi di Pasar Soponyono rata-rata dijual Rp32 ribu. Kemudian daging dengan kualitas paling bagus dijual Rp115 ribu per kilogram. 

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pemerintah Jatim Drajat Irawan mengungkapkan harga-harga di pasar pada dasarnya berkisar sekitar harga eceran tertinggi. 

Dia menyebut beras premium per kilogram saat ini dijual Rp12.500, beras medium sekitar Rp9.500.

Selain itu bawang merah per kilogram dijual antara Rp28 ribu hingga Rp30 ribu, bawang putih antara Rp24 ribu hingga Rp26 ribu, cabai merah besar antara Rp40 ribu hingga Rp55 ribu.

Namun harga cabai rawit masih terbilang tinggi,yaitu Rp 55 ribu hingga Rp63 ribu.  Sedangkan, daging sapi per kilogram rata-rata dijual Rp115 ribu, daging ayam antara Rp32 ribu hingga Rp33 ribu. Kemudian telur ayam antara Rp24 sampai Rp25 ribu. 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Minyak Goreng Rp 14 Ribu

Selanjutnya untuk minyak goreng rata-rata per kilogram Rp14 ribu, bahkan minyak curah dijual di bawah HET senilai Rp14 ribu. Lalu, gula pasir per kilogram dijual antara Rp12.500 sampai Rp13.500. 

"Dengan demikian pada dasarnya harga-harga kebutuhan pokok masih di sekitaran HET dan mudah-mudahan dengan beberapa upaya yang dilakukan Ibu Gubernur bisa lebih stabil," tutur Drajat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.