Sukses

Pendaftar Panwascam Situbondo Belum Penuhi Kuota Perempuan, Bakal Diperpanjang?

Liputan6.com, Situbondo Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Situbondo mencatat hingga hari ketujuh, jumlah pendaftar calon anggota panitia pengawas pemilihan umum kecamatan (panwascam) mencapai 98 orang dan belum memenuhi 30 persen perwakilan perempuan.

Kordinator Divisi Hukum Humas dan Data Informasi Bawaslu Situbondo Devita Yustiari Dewi mengatakan, jumlah pendaftar calon anggota panwascam hingga Minggu 25 September mencapai 98 orang, 77 pendaftar laki- laki dan 21 orang perempuan.

“Hingga kemarin pendaftar calon anggota panwascam belum memenuhi 30 persen perwakilan perempuan. Bahkan, di beberapa kecamatan sama sekali tidak ada pendaftar perempuanya,”ujar Davita, Selasa (27/9/2022).

Jika sampai dengan hari terakhir pendaftaran hari ini Selasa (27/9/2022) belum terpenuhi 30 persen pendaftar calon panwascam perwakilan perempuan, Bawaslu Situbondo akan memperpanjang masa pendaftaran.

“Untuk perpanjangan pendaftaran selama lima hari kerja,”tambah Devita.

Ia mengajak kepada para perempuan yang memiliki kesesuaian persyaratan dalam rektrutmen segera ikut mendaftar panwascam.

“Pada 28-30 September 2022 kami cek kelengkapan berkas pendaftaran. Misal belum memenuhi perwakilan perempuan, maka mulai 2-8 Oktober 2022 pendaftaran akan Kembali dibuka,”tambahnya.

Pendaftaran calon anggota panwascam ini dibuka mulai 21 hingga 27 September 2022 dengan beberapa persyaratan, di antaranya usia pendaftaran minimal 25 tahun, tidak pernah dipidana penjara lima tahun atau lebih, dan berpendidikan paling rendah SMA/ sederajad serta merupakan warga negara Indonesia (WNI)

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Pilih 6 Besar

Dari hasil tes setiap Kecamatan (17 kecamatan) nantinya akan dipilih enam orang teratas yang hasil tesnya paling bagus. Selekasi calon anggota panwascam sama dengan sebelumnya, yakni menggunakan tes  berbasis computer atau aplikasi computer assisted test (CAT) secara terpusat sehingga peserta bisa mengetahui langsung  hasil tes tertulis yang telah dikerjakan.

Calon anggota panwascam yang akan dipilih sebagai enam besar sebanyak 102 orang, selanjutnya tes wawancara untuk memilih tiga orang yang akan mulai bekerja pada awal Oktober 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.