Sukses

Cak Bhabin Permudah Warga Surabaya saat Ikuti Ujian Mendapat SIM

Liputan6.com, Surabaya - Calon pemohon surat izin mengemudi (SIM) di Kota Surabaya mendapat supervisi dan pelatihan dari Cak Bhabin di setiap kelurahan. Cak Bhabin adalah petugas petugas Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) yang dikerahkan oleh Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya.

Satuan Lalu Lintas Polrestabes Surabaya Komisaris Polisi Arif Fazlurrahman ditemui saat pelatihan di halaman Pasar Gunung Anyar mengatakan layanan SIM Cak Bhabin ini sudah berlangsung sejak dua pekan.

"Kami menggelar pelayanan program SIM Cak Bhabin sejak dua pekan lalu," kata di Surabaya dilansir dari Antara, Selasa (27/9/2022).

Melalui pelayanan program, Cak Bhabin memberi pengarahan di tempat-tempat keramaian di setiap wilayah kerjanya di tingkat kelurahan.

Di antaranya, Cak Bhabin mengenalkan aplikasi "E-Avis" sebagai platform ujian teori SIM dari Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri), yang dapat dikerjakan dari mana saja, termasuk dari rumah pemohon masing-masing, melalui perangkat telepon seluler pintar.

Jika dinyatakan tidak lulus, pemohon bisa mengisi jawaban-jawabannya yang terdiri dari sebanyak 30 soal dari awal di aplikasi tersebut sampai dinyatakan lulus.

"Peran Cak Bhabin adalah memberi pelatihan atau coaching clinic agar setiap pemohon SIM dapat lulus ujian teori maupun praktik," ujar Kompol Arif.

Dalam pelayanan program SIM Cak Bhabin, Polrestabes Surabaya juga menyediakan tempat praktik di setiap kelurahan.

Menurutnya, tempat ujian praktik SIM yang disediakan di setiap kelurahan bisa dibuat latihan terlebih dahulu di luar jam kerja, sebelum pemohon menjalani ujian praktik sesungguhnya.

Ujian praktik SIM salah satunya ditempatkan di Pasar Gunung Anyar Surabaya. Khusus sepanjang hari ini, 27 September, program SIM Cak Bhabin tampak memberi pelayanan spesial buat emak-emak yang biasa berbelanja di pasar tersebut.

"Jadi program kegiatan ini konsepnya memodifikasi pelayanan SIM yang sebelumnya dilaksanakan di Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi/ Satpas SIM Colombo Surabaya. Maka tahapan ujian teori dan praktik kita lakukan di luar Satpas," ucapnya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Gratis

Pelatihan calon pemohon SIM oleh Cak Bhabin dilakukan secara gratis alias tidak dipungut biaya untuk memudahkan masyarakat.

"Untuk ujian praktik dilakukan di lokasi-lokasi terdekat dengan masyarakat, dengan sebelumnya dilakukan pelatihan gratis," tambah Kompol Arif.

Pelayanan program SIM Cak Bhabin dipastikan mengurai antrean para pemohon, yang sebelumnya terpusat di Kantor Satpas SIM Colombo Surabaya.

Selain itu, program kegiatan ini sekaligus sebagai upaya menekan praktik percaloan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.