Sukses

Khofifah Pastikan Stok Solar untuk Nelayan di Pantai Sendangbiru Malang Aman

Liputan6.com, Malang - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan para nelayan di wilayah Pantai Sendangbiru, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, tidak kekurangan suplai bahan bakar minyak (BBM) jenis solar untuk melaut.

Khofifah saat menghadiri syukuran nelayan petik laut mengatakan bahwa ia mengetahui berbagai persoalan terkait ketersediaan BBM jenis solar, terlebih setelah pemerintah pusat melakukan penyesuaian harga.

"Kalau suplainya sejauh ini kurang, tolong usulan yang diajukan ditambah. Saya ingin memastikan nelayan tidak kekurangan solar untuk melaut," kata Khofifah di Kabupaten Malang, dilansir dari Antara, Selasa (27/9/2022).

Kepada para nelayan yang ada di wilayah tersebut, Khofifah secara khusus memberikan penekanan tentang persoalan yang kini tengah dihadapi para nelayan pascapenyesuaian harga BBM termasuk soal suplai.

Untuk mengatasi permasalahan suplai BBM jenis solar yang dipergunakan para nelayan itu, lanjutnya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah melakukan komunikasi dengan PT Pertamina terkait suplai dan distribusi BBM.

"Saya tahu yang sedang saudara hadapi. Solarnya langka tidak? Maka, saya minta tolong koordinator nelayan, tolong dihitung kebutuhan solar nelayan," katanya.

Ia menambahkan, usulan kebutuhan solar bagi para nelayan tersebut harus jelas untuk mematikan agar tidak ada titik-titik yang mengalami kekurangan suplai. Pihaknya memastikan bahwa kebutuhan BBM jenis solar untuk melaut tersebut akan mencukupi.

Dalam kesempatan itu, Khofifah juga menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi para nelayan setelah pemerintah pusat melakukan penyesuaian harga BBM.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Bantuan Perlindungan Sosial

Ia berharap, bantuan tersebut bisa menjadi penguat perekonomian untuk para nelayan.

Bantuan diberikan antara lain adalah perlindungan sosial senilai Rp300.000 yang secara simbolis diberikan kepada 10 orang penerima dan penyerahan lima bantuan Surat Izin Penangkapan Ikan.

Selain itu, juga diserahkan lima bantuan Surat Kelaikan Kapal, bantuan hibah sarana alat perkapalan dan hibah perahu, serta penyerahan bantuan alat perkapalan berupa 128 unit jaring alat tangkap, satu unit perahu, 25 unit mesin kuras dan 25 unit mesin sedot air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.