Sukses

Petani Jember Sodorkan 4 Tuntutan di Hari Tani Nasional, Begini Respons Bupati Hendy

Ratusan petani yang tergabung dalam Serikat Tani Nasional (Sekti) Jember berkumpul di depan Kantor Pemkab Jember, mereka melangsungkan tasyakuran Hari Tani Nasional.

Liputan6.com, Jember - Ratusan petani yang tergabung dalam Serikat Tani Nasional (Sekti) Jember berkumpul di depan Kantor Pemkab Jember, mereka melangsungkan tasyakuran Hari Tani Nasional.

Para petani menyampaikan aspirasi kepada Bupati Jember Hendy Siswanto untuk menegakkan konstitusi agraria dan jalankan reforma agraria sejati.

Sedikitnya ada empat poin penting dalam aspirasi para petani yang disampaikan. Pertama, kriminalisasi petani, kedua penegakan konstitusi agraria, ketiga sengketa dan keempat konflik agraria.

Menjawab aspirasi tersebut, Bupati Jember Hendy Siswanto menegaskan dirinya siap memperjuangkan aspirasi para petani. Menurutnya, petani adalah pahlawan pangan Indonesia.

“Tak ada petani, tidak makan semua kita ini,” tegas Hendy Siswanto, Rabu (28/9/2022).

Ia mengaku saat ini menakhodai Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) supaya dapat mengawal langsung aspirasi petani akan reforma agraria di Jember.

Dia meminta para petani untuk menyediakan data yang lengkap untuk keperluan reforma agraria, tidak kurang dan tidak ditambah-tambahi.

Selain itu, Hendy juga menyampaikan bahwa saat ini pemerintah pusat sedang mengarahkan petani untuk beralih ke pupuk organik.

"Pupuk kimia memang dikurangi dari pusat, pemerintah pusat menginginkan para petani kembali ke pupuk organik supaya unsur hara tanah kembali pulih, kalau pakai kimia terus bisa rusak tanah kita,” kata Hendy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangun Pabrik Pupuk

Ia juga mengumumkan pada 2023 Pemkab Jember akan membangun pabrik pupuk sendiri supaya para petani Jember lebih makmur dan sejahtera. Pabrik pupuk yang dimaksud ialah pabrik pupuk organik dengan memanfaatkan kotoran sapi dan kambing milik warga Kabupaten Jember.

“Dengan punya pabrik pupuk sendiri maka harganya akan lebih murah,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.