Sukses

Jumlah Kebakaran di Surabaya Meningkat, Catat 549 Kasus hingga September

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Surabaya mencatat ada sebanyak 549 peristiwa kebakaran terjadi di wilayah setempat selama periode Januari hingga September 2022.

Liputan6.com, Surabaya - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Surabaya mengatakan kejadian kebakaran di musim kemarau ini peningkatannya cukup signifikan, terutama yang non-bangunan atau di lahan terbuka ini ada kenaikan.

Bahkan, kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya Dedik Irianto, pada 25 September 2022, terjadi peristiwa kebakaran di Medokan Semampir AWS Surabaya yang menelan satu orang korban jiwa. Peristiwa itu diduga disebabkan membakar alang-alang di lahan terbuka.

"Kejadian kebakaran alang-alang ini baru pertama yang memakan korban jiwa. Kejadiannya sekitar hampir maghrib. Ada korban meninggal dunia, karena lokasi jenazah ada di tengah kejadian kebakaran alang-alang," katanya dilansir dari Antara, Kamis (29/9/2022).

Menurut dia, dampak dari musim kemarau juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kebakaran di lahan terbuka. Bahkan pada bulan Agustus-September 2022, kebakaran alang-alang di lahan terbuka, mendominasi kejadian di Kota Pahlawan.

"Pada dua bulan terakhir, menempatkan kebakaran alang-alang pada posisi kejadian kebakaran lahan terbuka tertinggi pada tahun ini. Kebakaran alang-alang itu satu hari bisa sampai tujuh kejadian," ujar dia.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Surabaya mencatat ada sebanyak 549 peristiwa kebakaran terjadi di wilayah setempat selama periode Januari hingga September 2022.

"Dari jumlah itu, 388 di antaranya merupakan kejadian kebakaran non-bangunan atau di lahan terbuka," katanya.

Dedik juga menyampaikan data kebakaran di Kota Surabaya dari tahun 2019 hingga sekarang. Pada tahun 2019, terjadi 944 peristiwa kebakaran.

Tren kebakaran ini kemudian turun menjadi 684 pada tahun 2020. Kemudian di tahun 2021, kejadian kebakaran kembali turun menjadi 644 peristiwa.

"Jadi tren dari tahun 2019 ke 2021, total setahunnya ini menurun. Sementara tahun 2022 sampai bulan September, sudah ada 549 kejadian kebakaran. Tinggal sisa tiga bulan ini yang harus dijaga," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Preventif

Untuk itu, kata dia, pihaknya mengimbau beberapa hal kepada masyarakat sebagai langkah preventif untuk mencegah timbulnya kebakaran.

Ia mengimbau masyarakat agar tidak membakar sampah sembarangan, lalu tidak melakukan pembersihan alang-alang pada lahan kosong dengan cara dibakar.

Masyarakat juga diimbau agar tidak membuat api unggun di area yang rawan terjadi kebakaran, seperti lahan kosong dan alang-alang, serta melakukan patroli dan pengawasan rutin pada tempat-tempat rawan terjadinya kebakaran.

"Segera melaporkan kejadian kebakaran melalui Command Center 112. Seluruh layanan kami baik pemadaman maupun penyelamatan, itu sifatnya gratis," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.