Sukses

Kuota Perempuan Kurang, Pendaftaran Panwascam di Situbondo Diperpanjang

Liputan6.com, Situbondo - Pendaftaran caln panitia pengawasan pemilu (Panwaslu) di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur diperpanjang karena keterwakilan pendaftar bagi perempuan belum mencapai 30 persen.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Situbondo menyebut, sejak 21 hingga 27 September 2022, tercatat sebanyak 250 orang pendaftar calon anggota panwaslu kecamatan, dan 62 orang di antaranya perempuan.

Ketua Pokja Rekrutmen Panwaslu Kecamatan Pemilu serentak 2024, yang juga komisioner Bawaslu Kabupaten Situbondo, Slamet menyatakan, dari total pendaftar, dua orang dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi karena usianya belum mencapai 25 tahun.

"Pada 1 Oktober 2022 kami akan umumkan calon anggota panwaslu kecamatan yang sudah dinyatakan lolos administrasi," kata dia, di Situbondo, Jumat (30/9/2022).

Kemudian, pada 2 Oktober 2022 Bawaslu mengumumkan perpanjangan pendaftaran calon anggota panwaslu kecamatan karena ada beberapa yang masih belum terpenuhi 30 persen keterwakilan perempuan.

"Yang pasti dilakukan perpanjangan salah satunya di Kecamatan Banyuputih. Karena dari tujuh pendaftar baru ada satu orang perempuan, kalau 30 persennya sekurang-kurangnya harus ada dua orang pendaftar perempuan," ucapnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Seleksi CAT

Seleksi calon anggota panwaslu kecamatan sama dengan sebelumnya, yakni menggunakan tes berbasis komputer atau aplikasi computer assisted test (CAT) secara terpusat sehingga peserta bisa mengetahui langsung hasil tes tertulis yang telah dikerjakan.

Calon anggota panwaslu kecamatan yang akan dipilih sebagai enam besar sebanyak 102 orang, selanjutnya tes wawancara untuk memilih tiga orang yang akan mulai bekerja pada awal Oktober 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.