Sukses

Petugas Dishub Pungli di Wisata Sunan Ampel, Armuji: Saya Langsung Tegur

 

Liputan6.com, Surabaya - Wakil Wali Kota Surabaya Armuji gerah dengan adanya pungutan liar atau pungli yang diduga dilakukan petugas Dinas Perhubungan setempat di kawasan parkir bus wisata religi Sunan Ampel. Dia minta hal itu segera ditertibkan.

"Kami mendapat laporan dari pedagang soal adanya pungli itu. Kemarin saya langsung ke lokasi menegurnya," kata dia di Surabaya, Jumat (30/9/2022).

Menurut Cak Ji, sapaan akrabnya, adanya pungli tersebut mencederai upaya Pemkota Surabaya yang saat ini gencar melakukan penataan kembali kawasan wisata religi Sunan Ampel.

Ia menyebutkan pungli tersebut seperti adanya alih fungsi secara sepihak yang semula taman dijadikan stan baru tanpa ada konfirmasi dengan pimpinan maupun sosialisasi dengan pedagang sebelumnya.

Selain itu, dia  mendapati banyak pengunjung yang kaget akibat mahalnya retribusi toilet umum yang awalnya Rp2.000 menjadi Rp4.000, termasuk mahalnya biaya untuk pengambilan kartu kontrol sebesar Rp200 per stan pedagang.

"Saya minta stan itu dibongkar dan dikembalikan seperti fungsinya semula. Kami ingin para peziarah nyaman. Jangan sampai perbuatan segelintir orang merusak citra baik Kota Surabaya," katanya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Perlu Pembinaan

Armuji meminta Kepala Dinas Perhubungan Surabaya untuk memberikan pembinaan kepada anggotanya yang bertindak di luar ketentuan yang ada.

Ia juga menyinggung program penataan kawasan Wisata Religi Ampel berlanjut pada tahun ini. Pemkot Surabaya berencana membangun jalur pedestrian untuk mempermudah peziarah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.