Sukses

2.034 Personel Gabungan Amankan Derby Jatim Arema Vs Persebaya

Liputan6.com, Surabaya - Sebanyak 2.034 personel gabungan disiapkan untuk mengamankan laga derby Jatim antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya pada lanjutan BRI Liga 1 2022.

Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat mengatakan, selain menyiapkan ribuan personel gabungan, pihaknya juga menyiapkan sejumlah personel cadangan.

"Kami sudah menyiapkan 2.034 personel pengamanan, ditambah 50 personel cadangan yang ditempatkan di Polres Malang," katanya, Jumat (30/9/2022).

Menurut Ferli, personel gabungan itu akan melakukan pengamanan secara optimal pada pertandingan lanjutan kompetisi Liga 1 itu. Personel gabungan yang akan disiagakan tersebut dibantu polres jajaran Polda Jatim bersinergi dengan TNI dan pemangku kepentingan terkait.

Ferli menjelaskan, dengan adanya ribuan personel gabungan yang diterjunkan tersebut, diharapkan pertandingan bisa berjalan dengan aman dan damai. Ia menegaskan, rivalitas hanya 90 menit di lapangan hijau.

Oleh karena itu, lanjutnya, para pendukung kedua tim baik Aremania maupun Bonek diharapkan bisa sama-sama menerima apa pun hasil pertandingan yang akan digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang pada 1 Oktober 2022 tersebut.

"Kita berharap pertandingan kali ini bisa berjalan dengan aman dan damai. Rivalitas hanya berjalan 90 menit di lapangan, apa pun hasilnya, kedua belah pihak bisa sama-sama menerima," ujarnya.

Pada pertandingan itu, lanjutnya, pihaknya mendukung keputusan Panpel Arema FC yang tidak menghadirkan pendukung Persebaya untuk datang ke Stadion Kanjuruhan Malang. Selain tidak disediakan kuota, keputusan itu juga demi menjaga keamanan.

Untuk skema pengamanan, Polres Malang juga meminta bantuan dari polres penyangga memberikan pelayanan pengamanan pada titik-titik perbatasan wilayah untuk mengamankan Aremania yang datang dari luar wilayah Malang Raya.

"Jika ada suporter Bonek yang tetap hadir ke Malang, akan kami coba kumpulkan dan memberikan pengamanan untuk dikembalikan ke Surabaya," ucap Ferli.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Jadi Pemersatu

Ia mengharapkan, laga tersebut nantinya bisa menjadi contoh bagi para pecinta sepak bola dimana rivalitas antara Arema FC dengan Persebaya Surabaya bukan pemecah, namun sebagai pemersatu masyarakat.

"Kita berharap nanti ke depan, suatu ketika seperti kita bisa menerima suporter lainnya, kelak kedua belah pihak Aremania dan Bonek bisa menyatu dalam satu tribun," kata Ferli.

Tim asuhan pelatih asal Chile Javier Roca, Arema FC akan ditantang Persebaya Surabaya pada 1 Oktober 2022 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dalam laga lanjutan Kompetisi Liga 1.

Saat ini, Arema FC berada di urutan ke-9 klasemen sementara liga 1 dengan mengantongi 14 poin. Sementara Persebaya Surabaya berada di urutan ke-14 dengan mengumpulkan 10 poin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.