Sukses

Lalu Lintas Persimpangan Sukowidi Banyuwangi Direkayasa, Cegah Insiden Truk Maut Terulang

Liputan6.com, Banyuwangi - Kecelakaan maut yang terjadi di Simpang Tiga Sukowidi menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Melalui Dinas Perhubungan setempat, Pemkab berencana melakukan rekayasa lalu lintas di lokasi tersebut.

Plt Kepala Dishub Banyuwangi, Dwi Yanto mengatakan bila pihaknya telah menggelar rapat koordinasi bersama forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) terkait rencana rekayasa lalu lintas di jalur Sukowidi.

"Rekayasa lalu lintas itu untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas di Simpang Sukowidi," kata Dwi Yanto, Sabtu (1/10/2022).

Dwi Yanto menjelaskan, dalam rekayasa ini akan menggunakan sempadan jalan sebagai exit road kolam pasir ganda yang masing-masing tersekat delinator/pembatas beton.

Kemudian memasang penutup beton sekualitas jembatan pada saluran air curam untuk area exit road kolam pasir. "Tiang lampu penerangan jalan umum dan tiang Telkom yang ada di sekitar tikungan juga akan kita geser," kata Dwi Yanto.

Penggeseran kedua tiang tersebut untuk keperluan perluasan jarak pandang pengemudi kendaran dari arah Argopuro ketika bermanuver melewati tikungan menuju ke arah Ketapang.

Rekayasa lain, area stop traffic light sisi barat atau dari arah Argopuro akan digeser mundur dengan pembatas zona bebas kendaraan pada ujung traffic light. "Itu agar manuver kendaraan besar dari arah Argopuro lebih leluasa berbelok ke kiri menuju Ketapang," katanya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Tambah Rambu

Kemudian menambahkan rambu-rambu pemberitahuan adanya exit road kolam pasir saat rem blong, termasuk rambu pemberitahuan titik testing fungsi rem.

Untuk mencegah kecelakaan akibat rem blong, nantinya juga akan dipasang beton pada median sisi utara dan selatan traffic ligt.

Termasuk pemasangan pagar pengaman jalan atau guarddrill di sisi timur sepanjang 12 meter dari arah utara ke selatan.

"Seluruh pengadaan sarana prasarana manajemen rekayasa lalu lintas di Simpang Sukowidi itu akan kita upayakan sesegera mungkin," pungkas Dwi Yanto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.