Sukses

Peralatan Pilkades Serentak di Situbondo Mulai Didistribusikan ke 17 Desa

Liputan6.com, Situbondo Pemerintah Kabupaten Situbondo, mulai mendistribusikan logistik pemilihan kepada desa (Pilkades) serentak ke 14 Kecamatan. Selanjutnya pada H-1 didistribusikan ke 17 desa yang melaksanakan pemilihan serentak.

Logistik pilkades yang nantinya diserahkan ke kecamatan, desa dan TPS meliputi kotak suara, bilik suara, alat coblos, tinta hingga surat suara. Pilkades serentak di 17 desa tersebut sesuai jadwal dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2022.

“Logistik ini akan menginap paling lama tiga hari di kecamatan. Pada H-1 sudah mulai didistribusikan ke desa-desa, kecuali dua desa yang aksesnya sulit,” ujar Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo, Wawan Setiawan, Selasa (4/10/2022).

Ia menyebutkan dari 17 desa yang tersebar pada 14 kecamatan yang melaksanakan pilkades, terdapat dua desa yang aksesnya cukup sulit. Yaitu Desa Sumberargo, Kecamatan Sumbermalang, dan Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa.

Menurut Wawan, saat logistik pilkades didistribusikan, dilakukan pengecekan yang disaksikan langsung seluruh pemangku kepentingan, termasuk semua calon kepala desa.

“Nanti kalau sudah sampai kecamatan, calon kepala desa, panitia, tokoh masyarakat, dan pemangku kepentingan lainya bersama- sama mengecek logistik, khususnya surat yang akan langsung ditandatangani oleh panitia,”ucapnya

Ia menjelaskan , surat suara yang sudah ditandatangani akan dimasukan Kembali ke kotak suara sesuai dengan jumlah daftar pemilih, ditambah dengan 2,5 persen surat suara cadangan. Total jumlah surat suara sebanyak 64,210 lembar ditambah 2,5 persen cadangan.

Wawan berharap dengan keterbukaan ini mampu menekan kecurangan yang mungkin terjadi pada saat proses pemilihan kepala desa, termasuk mencegah potensi konflik.

“Saat semua pemangku kepentingan bekerja sama, ada transparansi sehingga mampu menekan kecurangan pilkades serentak ini,” pungkasnya. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.