Sukses

Kasus Covid-19 di Banyuwangi Kembali Meningkat, Dinkes Ajak Vaksin Booster

Liputan6.com, Banyuwangi - Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi mencatat, ada tren kenaikan pasien positif Covid-19 selama beberapa hari terakhir. Plt Kepala Dinkes Banyuwangi Amir Hidayat menyebut, total warga yang positif Covid-19 saat ini ada 29 orang. Angka ini meningkat dari sebelumnya tercatat masih 20 kasus.

"Meskipun secara keseluruhan relatif menurun dari minggu kemarin. Namun beberapa hari ini meningkat lagi. Jadi minggu sebelumnya itu 20 kasus, kemarin bertambah jadi 27, dan sekarang sudah 29 kasus positif," beber Amir di Banyuwangi, Rabu (5/10/2022).

Oleh karenanya, Amir mengimbau warga Banyuwangi tetap mentaati protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Seperti memakai masker, jaga jarak, hingga rutin menerapkan pola hidup sehat.

"Kenaikan kasus ini perlu diwaspadai, karena pandemi masih belum berakhir. Protokol kesehatan masih kita upayakan untuk diperketat, terutama pada setiap event yang diselenggarakan pemerintah dan swasta," cetusnya.

Guna menekan penyebaran Covid-19, Dinkes Banyuwangi terus kebut program vaksinasi ketiga (booster). Dimana saat ini capaiannya masih baru 35,8 persen.

"Vaksinasi booster terus kita upayakan agar ada peningkatan. Terutama kita dorong antusiasme masyarakat dalam percepatannya," tukas Amir.

Menurut Amir, kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi booster mulai menurun. Sehingga diperlukan dorongan kembali agar antusiasme mereka kembali meningkat.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Jaga Kekebalan Tubuh

"Karena vaksinasi booster ini penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Apalagi pemerintah telah menerapkan kebijakan, syarat perjalanan udara, kereta dan kapal diwajibkan vaksin booster," jelasnya.

Dalam percepatan vaksinasi booster ini, Dinkes Banyuwangi melibatkan seluruh stakeholder terkait. Mereka menyasar ke wilayah yang masih jauh capaiannya.

"Kita setiap minggu turun ke kecamatan yang masih capaian vaksinasinya. Seperti di Kecamatan Kalipuro, Srono hingga Songgon. Kita melibatkan seluruh pihak untuk memobilisasi sasaran vaksinasi," pungkas Amir.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.