Sukses

Buka PJB Connect, Khofifah Masifkan Energi Terbarukan dan Diskon Pajak Kendaraan Listrik

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan, pihaknya  tengah gencar melakukan pengembangan energi baru terbarukan (EBT) untuk mewujudkan target Indonesia Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

"Berbagai upaya pengembangan EBT telah dirumuskan dalam Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Jawa Timur, serta diwujudkan dalam sejumlah program," ujarnya saat membuka PJB Connect 2022 di Surabaya, ditulis Rabu (5/10/2022).

Salah satunya, lanjut Khofifah, seperti pemberian insentif 90 persen pajak kendaraan bermotor listrik berbasis batterai.

"Pemprov Jatim telah memiliki  Surat Edaran nomor 671/851/124.3/2022 tentang imbauan Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Batterai di Jawa Timur," ucapnya.

Khofifah mengatakan, pihaknya kedepan berharap bisa meluaskan rasio elektrifikasi sampai tahap light for all.

"Di Jatim sendiri rasio elektrifikasi kita saat ini sudah mencapai 105,47 persen. Kami juga punya 573 unit PLTS berbasis rooftop," ujarnya.

Tak hanya itu, Khofifah juga menyebut bahwa Jawa Timur sudah menjalankan pemberian insentif Pajak Kendaraan Bermotor Berbasis Listrik hingga 90 persen bagi pengguna kendaraan listrik. Dimana, penggunanya di Jatim tercatat mencapai 1.546 kendaraan listrik.

"Oleh karena itu tadi saya menyampaikan bagaimana kalau forum ini  bisa memberikan rekomendasi strategis kepada Menteri Keuangan untuk memberikan insentif dari tingkat pusat untuk kendaraan yang lebih besar misalnya insentif pajak. Supaya kemungkinan orang beralih ke kendaraan berbasis listrik itu bisa lebih cepat lagi," ucapnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Sinergi Antar Perusahaan Listrik

Direktur Utama PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah menambahkan, pentingnya PJB Connect bagi perkembangan industri kelistrikan. Yang mana, sejak diadakan pertama kali pada 2016 lalu, PJB Connect menjadi ajang saling tukar inovasi, diskusi, serta teknologi terkini untuk menunjang perkembangan energi listrik.

"Hadirnya PJB Connect akan membawa sinergi yang baik antar perusahaan listrik, utilitas, akademisi, dan investor menjadi lebih kuat, solid, dan apik. PJB Connect juga menjadi jembatan terjalinnya komunikasi yang sinergi dan merambah dimulainya proyek dan bisnis dengan skala besar," ujar Ruly.

Pada dua tahun sebelumnya, PJB Connect diselenggarakan secara virtual akibat adanya pandemi yang tidak berkesudahan. Sejak terakhir diadakan secara offline di kantor pusat PLN Nusantara Power, animo dan minat dari peserta terus melonjak.

"Di tahun inilah, PJB Connect dapat diselenggarakan secara offline di venue yang lebih besar. Apalagi PJB yang kini sedang dalam masa transisi bertransformasi menjadi PLN Nusantara Power, akan mengelola unit pembangkit menjadi hampir dua kali lipat dengan jumlah GWh semakin besar," ucapnya.

Selain membuka PJB Connect 2022, Khofifah turut meninjau booth PJB yang diikuti oleh sekitar 72 perusahaan. Dengan 50 pembicara dan berbagai sesi seminar, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi terhadap tantangan industri listrik Indonesia.

Sementara itu, Achmad Soeharto, Deputy Director PT Imeco Inter Sarana, salah satu booth yang berpartisipasi dalam PJB Connect 2022 ini menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi acara ini karena dalam acara ini mendapatkan kesempatan untuk berbagi informasi tentang  teknologi yang kami punyai dan juga pada saat yang bersamaan memperoleh informasi tentang program-program dan juga kebutuhan PLN group di masa mendatang.

"Acara ini sangat baik karena sebagai ajang inovasi dan berbagi info karena diikuti oleh para stakeholder dari PLN dan PJB yang kini berganti nama PLN Nusantara Power. Dimana tahun ini adalah tahun pertama buat PLN Nusantara Power melakukan kegiatan ini, yang mana acara ini kelanjutan dari PJB," ucap pria yang akrab disapa Toto ini.

Toto menyampaikan, pihaknya mempunyai tujuan utama mengikuti PJB Connect 2022 ini bukan untuk penjualan produk namun untuk memperkenalkan keunggulan produk, dalam mendukung kehandalan, efektivitas dan efisiensi dalam operasi pembangkit. "Harapannya skala acaranya bisa ditingkatkan lagi cakupannya supaya ajang promosinya bisa lebih luas," ujarnya.

Toto menegaskan bahwa PT Imeco Inter Sarana yang bergerak pada bidang energi dan genap berulang tahun ke 50 di tahun ini berkomitmen untuk mendukung segala kegiatan transformasi PLN Nusantara Power.

Sebagai informasi, PJB Connect ini diselenggarakan mulai tanggal 4 hingga 6 Oktober 2022. Mengusung PLN NP Jump Beyond Connection, acara dihelat oleh PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) yang kini telah berganti nama menjadi PT PLN Nusantara Power.

Pagelaran ke-7 kali ini juga sebagai bagian dari rangkaian HUT PLN Nusantara Power ke-27 sekaligus menyambut Hari Listrik Nasional ke-77.

Poto:1. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didampingi Direktur Utama PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah dan Deputy Director PT Imeco Inter Sarana, Achmad Soeharto pada acara PJB Connect 2022 di Surabaya.

2. (Kiri-Kanan)Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didampingi Direktur Manajemen Pembangkitan PT PLN (Persero) Adi Lumakso dan Deputy Director PT Imeco Inter Sarana, Achmad Soeharto pada acara PJB Connect 2022 di Surabaya.

3. (Kiri-Kanan)Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didampingi Direktur Manajemen Pembangkitan PT PLN (Persero) Adi Lumakso dan Deputy Director PT Imeco Inter Sarana, Achmad Soeharto pada acara PJB Connect 2022 di Surabaya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.