Sukses

Lirik Lagu "Kanjuruhan" Karya Iwan Fals Sungguh Menyayat Hati, Salam Satu Jiwa!

Liputan6.com, Surabaya - Musisi legendaris Indonesia, Iwan Fals merilis lagu berjudul "Kanjuruhan" sebagai respons atas tragedi yang memakan korban ratusan jiwa pendukung tim kesebelasan Arema FC. di Malang, Jawa Timur. Tragedi berdarah itu terjadi usai pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya pada Minggu (1/10/2022).

Lagu Kanjuruhan diliris perdana di channel Youtube Iwan Fals Official pada Rabu, 5 Oktober 2022. Tembang berdurasi 5.26 menit itu menambah deretan lagu-lagi bertema tragedi yang ditulis Iwan Fals dalam karieir musiknya. Lagu bertema tragedi seperti Tampo Mas adalah salah satu yang paling terkenal.

Musisi bernama lengkap Virgiawan Liestanto itu mengawali lagunya dengan kata-kata yang menyayat hati. Dia menyebut tragedi ini mengajarkan tentang kepedulian dan kebersamaan.

"Kanjuruhan banyak ajarkan tentang kebersamaan, tentang kepedulian, bunga-bunga yang bermekaran, disirami airmata dan doa-doa," mengutip bait pertama lirik lagu Kanjuruhan.

Tak lupa, musisi kelahiran Jakarta pada 3 September 1961 ini juga menyebut kata-kata khas yang menggambarkan tentang karakteristik pendukung Arema FC, seperti Singo Edan yang merupakan julukan bagi Aremania.

Bahkan dirinya juga menyertakan kata "gas air mata", "ruang terkunci", dan "terinjak-injak" sebagai bentuk penggambaran suasana di stadion saat tragedi itu berlangsung.  Iwan Fals mengakhiri bait lagunya dengan berdoa semoga kejadian ini tidak terulang lagi.

"Malang nian engkau duhai sayang, tapi kuyakin “Tuhan tunjukan jalan”. Malang nian engkau wahai sayang, tapi kuyakin jalanmu kan terang benderang," tulis Iwan Fals.

Video lirik Kanjuruhan karya Iwan Fals ini, saat diakses Liputan6, Kamis (6/10) di kanal Youtube sudah ditonton lebih dari 250 ribu orang. Salah satu penonton dengan akun @incar mengucapkan terimakasih atas lagu Kanjuruhan yang punya lirik menyentuh dan menyayat.

"Ketika sang legenda menciptakan sebuah lagu petanda kalau Indonesia sedang tidak baik baik saja, terimakasih untuk setiap liriknya yg sangat begitu menyentuh dan menyayat hati," tulisnya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Lirik Lagu Kanjuruhan - Iwan Fals

Kanjuruhan banyak ajarkan

Tentang kebersamaan, tentang kepedulian

Bunga-bunga yang bermekaran

Disirami air mata dan doa-doa

Pergi pergilah kau dengan senang hati

Tak ada yg pernah siap melepasmu

 

Salam satu jiwa untuk prestasi

Salam penuh cinta untuk dunia

 

Kanjuruhan banyak ajarkan

Tentang kebodohan tentang kemunafikkan

Awan gelap kegembiraan

Semoga segera menyingkir, dari langitku

 

Pergi pergilah kau dengan senang hati

Tinggallah kami entahlah, bagaimana nanti

Salam satu jiwa untuk Sang Sepi

Semoga semua ini tak terulang lagi

 

Aum Singo Edan

Rindu kasih sayang, rindu serindu-rindunya

 

Malang nian ratusan jiwa melayang

Terinjak-injak kaki saudaranya sendiri

Malang nian gas airmata melayang

Nafas tersedak sesak di ruang terkunci

 

Malang nian engkau duhai sayang

Tapi kuyakin “Tuhan tunjukan jalan”

Malang nian engkau wahai sayang

Tapi kuyakin jalanmu kan terang benderang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.