Sukses

Pabrik Pengolahan Kayu di Banyuwangi Ludes Terbakar, Kerugian Capai Rp 1 Miliar

Liputan6.com, Banyuwangi Sebuah pabrik pengolahan kayu jati di Kelurahan Giri Banyuwangi, ludes terbakar pada Kamis (6/10/2022) dinihari.

Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran Banyuwangi Gatot Suyono mengatakan, tim pemadam mendapat laporan pada 04.05 WIB. Dinas kemudian mengerahkan 20 petugas dan 5 unit mobil pemadam.

“Kami mengerahkan maksimal personel pemadam kebakaran, karena api yang membakar tumpukan kayu cukup besar,” ujar Gatot, Kamis (6/10/2022).

Proses pemadaman sempat terkendala akses masuk ke area kebakaran yang cukup sempit sehingga menyulitkan mobil pemadam masuk ke titik vital kebakaran.

"Api baru benar-benar padam pukul 08.30 WIB. Selanjutnya dilakukan pendinginan selesai pukul 09.15 WIB," kata Gatot.

Gatot menyebut kebakaran diduga dipicu oleh korsleting listrik. Pabrik tersebut adalah tempat pengolahan kayu jati.

“Dulunya pabrik ini memang tempat pengolahan kayu yang cukup terkenal di Banyuwangi. Kita sempat mengalami kesulitan untuk pemadaman api karena jalan yang cukup sempit. Tapi Alhamdulillah bisa teratasi,”paparnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Tidak Ada Korban Jiwa

Karena bahan yang mudah terbakar sehingga api cepat merambat dan membesar. "Bangunan, bahan industri yakni kayu jati dan mesin produksi terbakar. Kerugian ditaksir mencapai Rp 1 miliar,” ujarnya.

Gatot menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Karena pada saat kejadian pabirk pengolahan kayu ini sedang kosong.

Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, Namun kerugian ditaksir cukup besar, karena didalam pabri juga terdapat beberapa perlatan untuk pengolahan kayu jati,”pungkas Gatot.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.