Sukses

Dirut SIER: Program Visa Rumah Kedua Permudah Proses Investasi Ekonomi

Didik mengunkapkan, SIER adalah salah satu kawasan industri di Indonesia yang menjadi destinasi investasi para investor dari berbagai negara.

Liputan6.com, Surabaya - Dirut PT Surabaya Industrial Estate Rungkut  (SIER), Didik Prasetiyono angkat bicara terkait kebijakan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), yang bakal menerbitkan kebijakan second home visa atau visa rumah kedua bagi warga negara asing (WNA) di Indonesia.

Didik mengunkapkan, SIER adalah salah satu kawasan industri di Indonesia yang menjadi destinasi investasi para investor dari berbagai negara. Oleh karena itu, SIER sangat mendukung adanya program second home visa ini. 

"Kami apresiasi,  sangat berharap berbagai upaya reformasi imigrasi yang sedang dijalankan pemerintah bisa berjalan sukses, karena ini menjadi salah satu faktor yang membuat nyaman investor luar negeri dalam berbisnis di Indonesia,” ujarnya, di Wisma SIER, Kamis (13/10/2022).

Didik mengatakan, dengan proses keimigrasian yang semakin mudah, tentu menjadi stimulus bagi tumbuhnya investasi di Tanah Air, khususnya di kawasan industri yang dikelola SIER, yaitu di Rungkut (Surabaya), Berbek (Sidoarjo), dan PIER (Pasuruan).

Dia optimistis program second home visa ini dapat mempermudah proses investasi ekonomi khususnya bagi pelaku kawasan industri di masa yang akan datang," ucapnya. 

PT SIER, lanjut Didik, merespons positif upaya reformasi imigrasi yang sedang dikebut pemerintah. Oleh karena itu, SIER antusias bekerja sama dengan Kemenkumham mengadakan forum serap aspirasi rencana kebijakan program second home visa dan sosialisasi kemudahan imigrasi untuk proses investasi ekonomi.

"Sebagai pengelola kawasan industri, menjadi kewajiban kami kepada tenant investor untuk melakukan program coaching clinic for imigration services ini, agar ada kepastian hukum dalam pengaturan tenaga kerja asing yang ada di kawasan industri SIER,” ujar Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan Cepat

Plt Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Widodo Ekatjahjana mengatakan, pihaknya tengah melaksanakan arahan Presiden Joko Widodo, untuk memberikan pelayanan imigrasi yang cepat, tepat dan memberikan kemudahan-kemudahan khususnya bagi dunia usaha.

"Tujuannya agar investasi dari luar negeri semakin meningkat," ujarnya.

Tak hanya itu, mereka yang memiliki second home visa juga mendapatkan prioritas pembahasan.

"Sekarang second home visa masih dalam finalisasi, salah satunya serap aspirasi di depan tenant investor kawasan industri SIER ini. Dalam waktu dekat atau mungkin beberapa pekan depan, program ini akan menjadi regulasi mulai diberlakukan,” ungkapnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.