Sukses

Longsor Pacitan, Jalan Penghubung Antarkecamatan Terputus

Upaya normalisasi telah dilakukan pemerintah daerah setempat menggunakan alat berat, namun hingga Jumat (14/10/2022) siang, akses tersebut belum bisa dilalui.

Liputan6.com, Pacitan - Longsor di Pacitan mengakibatkan jalan utama antar kecamatan Tulakan menuju Kecamatan Ngadirojo putus total. Jalan tertimbun material tanah longsor sepanjang 70-an meter, dengan ketebalan 10 meter.

Upaya normalisasi telah dilakukan pemerintah daerah setempat menggunakan alat berat, namun hingga Jumat (14/10/2022) siang, akses tersebut belum bisa dilalui.

"Sementara ini jalan dari arah Kecamatan Tulakan menuju Kecamatan Ngadirojo ataupun sebaliknya, kami alihkan menuju jalur alternatif Pentung menuju Desa Jetak yang tembus JS (Jalur Lintas Selatan)," ujar Kasatlantas Polres Pacitan AKP Siswoyo di Pacitan, seperti dilansir Antara.

Titik longsor ini terjadi di Dusun Baran, Desa Cokrokembang, Kecamatan Ngadirojo. Volume material longsor cukup besar, dengan ketinggian atau ketebalan sekitar 10 meter dan menutup badan jalan antarkecamatan sepanjang 70-an meter.

Kendati tidak sampai menimbulkan korban jiwa, putusnya akses jalan penghubung antarkecamatan itu membuat kendaraan dari arah Tulakan menuju Ngadirojo ataupun sebaliknya harus berjalan memutar lebih jauh.

Warga juga was-was terjadi longsor susulan, mengingat hujan masih kerap mengguyur dengan intensitas sedang dan tinggi dalam beberapa hari terakhir.

Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Erwin Andriatmoko mengatakan, penanganan longsor di jalur Tulakan-Ngadirojo saat ini ditangani lintas-OPD (organisasi perangkat daerah) dengan dinas PU sebagai koordinatornya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalur JLS

 

"Karena ini menyangkut infrastruktur, penanganan longsor di jalur Tulakan-Ngadirojo dikendalikan oleh Dinas PU," jawab Erwin.

Diprediksi proses pembersihan material longsor memakan waktu beberapa hari ke depan. Semua kendaraan yang biasa melalui jalur itu dialihkan ke JLS. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.