Sukses

Banjir Melanda Berbagai Daerah di Jatim, Ketua PKS Terjunkan Relawan

Setidaknya, ada beberapa daerah di Jawa Timur yang dikabarkan terendam banjir, yaitu Kabupaten Pacitan, kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, kabupaten Tulungagung, Banyuwangi dan Trenggalek.

Liputan6.com, Surabaya - Beberapa daerah di Jawa Timur dilanda banjir, Ketua PKS Jatim Irwan Setiawan mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan kabupaten terkait dalam hal penanganan bencana.

“Begitu mendengar musibah banjir di beberapa tempat, kami langsung melakukan koordinasi, khususnya dengan relawan PKS dan DPD PKS yang daerahnya terkena banjir, ini kebiasaan kami,” tegas politikus yang akrab disapa Kang Irwan itu dalam keterangannya, Rabu (19/10/2022).

Menurut Irwan, dia akan terus melakukan koordinasi harian untuk memahami dinamika di tempat warga yang terdampak banjir. Berikut prioritas bantuan yang akan dikirim serta tindakan yang akan dilakukan.

Setidaknya, ada beberapa daerah di Jawa Timur yang dikabarkan terendam banjir, yaitu Kabupaten Pacitan, kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, kabupaten Tulungagung, Banyuwangi dan Trenggalek.

"Dari laporan relawan PKS di lapangan, Relawan PKS di Trenggalek dan Kabupaten Malang segera membuat dapur umum untuk menyiapkan makanan siap saji untuk warga yang terdampak. Sekaligus juga membersihkan rumah-rumah warga dari lumpur yang masuk akibat banjir," terang anggota DPRD Jatim 2009 - 2019.

Sementara itu, Relawan PKS di Blitar selain membuat dapur umum dan mendisitribusikan makanan siap saji, juga segera membentuk satgas bencana dan posko di Desa Kalipang.

Irwan menambahkan, DPD PKS lain di Jawa Timur juga sedang berkoordinasi untuk membantu daerah yang terdampak.

“Misalnya DPD PKS Ngawi yang siap mengirimkan perahu karet untuk Relawan PKS yang ada di Trenggalek. Ini yang saya syukuri dari PKS, jika ada musibah, semua bergerak membantu,” ujar Irwan.

Irwan kemudian menyampaikan rasa bela sungkawanya atas musibah yang terjadi di beberapa daerah di Jawa Timur.

“Mewakili PKS Jawa Timur, saya menyampaikan rasa duka yang mendalam atas musibah yang terjadi. In syaa Allah relawan PKS akan berupaya memberikan kontribusi terbaik, mohon doanya,” imbuh Irwan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siaga

Irwan meminta DPD PKS di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur dalam kondisi siaga dan menyiapkan langkah langkah aksi siaga bencana.

“PKS Jatim sudah aktifkan Gugus Tugas Siaga Bencana Tingkat Wilayah untuk memantau perkembangan kondisi bencana di daerah dan mengkoordinasikan aksi siaga bencana,” tegas Irwan.

Tak hanya itu, Irwan juga meminta agar relawan terus melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait di daerah yang sudah terjadi bencana maupun di daerah yang belum.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.