Sukses

Khofifah Optimistis Jatim Jadi Lumbung Pangan Nasional

Menurutnya, hasil panen petani Jatim masih bisa dimaksimalkan bahkan dengan kualitas padi premium lagi jika memiliki alat mesin pertanian (Alsintan) canggi.

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengatakan ketahanan pangan Jatim hingga saat ini dalam posisi sangat baik, untuk itu dirinya optimisme dapat mengandalkan provinsi yang dipimpinnya sebagai lumbung pangan nasional.

Selain itu, menurut dia, ketersediaan bahan pangan Jatim dalam kondisi surplus dan menjadi tulang punggung nasional, utamanya untuk wilayah Indonesia bagian timur.

"Insya Allah Jatim tetap bisa menjadi lumbung pangan nasional," katanya, dilansir dari Antara, Kamis (20/10/2022).

Mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020 dan 2021, Jatim menjadi provinsi penghasil padi tertinggi nasional. Produksi padi Jatim di 2021 mencapai 9,94 juta ton Gabah Kering Giling (GKG).

"Mudah-mudahan di 2022 ini produksi padi di Jatim masih tertinggi nasional. Terima kasih kami sampaikan pada petani dan peternak atas kerja kerasnya sehingga hasil produksi pangan kita sangat signifikan," ujarnya.

Khofifah menandaskan produksi daging sapi di Jatim tertinggi se- Indonesia. Populasi sapi saat ini mencapai 5,1 juta eko . Selain itu produksi ikan tuna di Jatim juga tercatat sebagai tertinggi nasional.

"Betapa penting menjaga ketahanan pangan. Bahkan menurut saya kita sudah waktunya masuk ke kedaulatan pangan. Maka menjaga produktivitas pangan harus maksimal kita upayakan," tuturnya.

Gubernur Khofifah terus mendorong sektor pertanian untuk semakin meningkatkan performa dan produktivitasnya di wilayahnya masing-masing.

Menurutnya, hasil panen petani Jatim masih bisa dimaksimalkan bahkan dengan kualitas padi premium lagi jika memiliki alat mesin pertanian (Alsintan) canggih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KUR Alsintan

Untuk itu, Gubernur Khofifah memberikan solusi khusus dengan pemberian grace periode Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dikhususkan untuk pengadaan Alsintan petani.

"Kalau ada sektor yang bisa mendapat KUR dengan grace period selama empat tahun, maka sektor pangan terutama padi juga diharapkan bisa mendapatkan kesempatan yang sama," ujarnya.

Lebih detail Khofifah menjelaskan, bahwa KUR yang dimaksud kali ini adalah untuk keperluan pemenuhan Alsintan yang harganya cukup mahal bagi gabungan kelompok tani (gapoktan) secara umum.

“Maka jika KUR-nya mendapat grace period akan sangat meringankan para petani dalam menyelesaikan cicilan untuk memenuhi kebutuhan alat-alat pertanian yang lebih canggih demi meningkatkan kualitas dan produktifitas hasil panennya,” ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.