Sukses

Pesan Gus Yahya saat Peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Jombang

Gus Yahya mengatakan penetapan Hari Santri Nasional dilakukan berdasarkan peringatan 70 tahun Resolusi Jihad yang diabadikan sebagai penghormatan jasa para ulama.

Liputan6.com, Jombang - Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf mengatakan peringatan Hari Santri Nasional bertujuan untuk memperingati jasa dan keteladanan bagi para pahwalan kemerdekaan Indonesia.

Gus Yahya, sapaan akrab ketua PBNU juga mengatakan, penetapan hari santri nasional bukan hanya apresiasi pemerintah yang dituangkan dalam Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tertanggal 15 Oktober 2015.

"Hari Santri Nasional dirayakan sebagai momentum mengenang kepahlawanan segenap bangsa Indonesia, bukan hanya satu kelompok tertentu saja," kata Gus Yahya saat peringatan Hari Santri di Jombang, Jawa Timur, dilansir dari Antara, Sabtu (22/10/2022).

Gus Yahya juga mengajak semua elemen masyarakat menghayati bahwa penetapan Hari Santri ini merupakan harinya seluruh bangsa Indonesia.

"Hari Santri harus benar-benar dipahami, dihayati, dan ditegakkan sebagai harinya seluruh bangsa Indonesia tanpa terkecuali," katanya.

Gus Yahya mengatakan penetapan Hari Santri Nasional dilakukan berdasarkan peringatan 70 tahun Resolusi Jihad yang diabadikan sebagai penghormatan jasa para ulama.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menggelar Apel Nasional Hari Santri 2022 di Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Sabtu.

Acara tersebut digelar secara offline dan daring dari Pesantren Tebuireng, Jombang dan diikuti seluruh PCNU dan PWNU se-Indonesia dari daerah mereka masing-masing. Acara tersebut juga diikuti ribuan santri seluruh pelosok negeri.

Ketua umum PBNU K.H. Yahya Cholil Staquf langsung memimpin apel Hari Santri Nasional itu. Ada 528 titik yang menggelar apel serentak itu di seluruh Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.